Jelang Idul Adha, Penjualan Daging Loyo Saat Harga Cabai Meroket

Pedagang sapi sepi pembeliBEKASI BARAT – Hari Raya Idul Adha, yang merupakan momentum melakukan ibadah kurban bagi umat Muslim, berdampak langsung pada sepinya penjualan daging sapi. Hal ini dikatakan oleh salah satu pedagang daging sapi di Pasar Kranji Baru, Aswan (45), kepada infobekasi.co.id.

“Menjelang Idul Adha sepi, ini karena yang lagi laris kan sapi hidup buat dikurban. Memang biasa tiap tahun begini sih, kalau Idul Fitri naik, kalau Idul Adha turun,” ungkapnya.

Aswan mengaku, penurunan jumlah pembeli ini cukup memengaruhi omzetnya beberapa hari ini. Dimana biasanya dirinya dapat menjual hingga 50 kilogram, sementara kini hanya 35 hingga 40 kilogram per hari.

“Itu pun yang beli biasanya pelanggan. Pengaruh ke omzet pasti. Karena sepi dan harga masih kita jual stabil Rp 120 ribu per kilogram. Tapi karena memang sudah tiap tahun begini sih jadi sudah biasa,” katanya.

Sementara itu, meskipun peminat daging sapi menurun, harga cabai dan bawang merah justru makin meroket. Tak tanggung-tanggung, kenaikannya bisa mencapai Rp 10 hingga Rp 15 ribu per kilogramnya.

“Baru tiga hari ini naiknya. Cabai keriting, cabai merah besar, dan bawang merah. Kenaikannya variatif, antara 10 hingga 15 ribu,” ujar salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Kranji Baru, Fitri (30).

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPTD Pasar Kranji Baru, Direkso, menjelaskan bahwa kenaikan yang terjadi masih terbilang normal karena mengingat harga sembako yang memang fluktuatif.

“Wajar saja harga sembako naik turun. Selama nggak terlalu tinggi banget masih nggak apa-apa. Namun mungkin karena momennya Idul Adha, dimana nanti bakal banyak daging gratis di mana-mana, jadi harga daging stabil. Sementara kenaikan larinya ke bumbu dapur, karena permintaan banyak. Kan pasti mau mengolah dagingnya butuh bumbu dapur,” jelas dia.

Ia menyebutkan, menurut pencatatan yang pihaknya lakukan dua kali dalam satu minggu, kenaikan harga memang hanya terjadi pada cabai dan bawang. Dimana cabai merah besar yang sebelumnya Rp 35 ribu menjadi Rp 50 ribu, harga cabai merah keriting yang sebelumnya Rp 35 ribu menjadi Rp 45 ribu, dan bawang merah yang semula Rp 38 ribu menjadi Rp 48 ribu.

“Kalau yang stabil itu harga cabai hijau Rp 30 ribu per kilogram dan cabai rawit Rp 50 ribu per kilogram,” tuturnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini