ISMEA Gelar Gebyar Batik di Revo Town Bekasi

gebyar-batik-1BEKASI SELATAN – Indonesian Small Medium Enterprise Assosiation (ISMEA) Kota Bekasi hari ini, Senin (03/10), menggelar Gebyar Batik di lantai GF Revo Town Bekasi, guna memperingati hari batik yang jatuh pada Minggu kemarin (02/10).

“Di gebyar batik kali kami mengajak dua puluh lima pengrajin batik untuk bergabung dan memperagakan karya hand made-nya. Jadi ada gabungan antara unsur seni dan budaya asli Indonesia, yaitu batik itu sendiri,” ujar Ketua ISMEA, Endang, saat ditemui di lokasi kegiatan.

Ia menyebutkan, bukan hanya koleksi pakaian karya ISMEA yang diperagakan dalam gebyar yang berlangsung hingga 30 Oktober nanti, tapi juga produk handycraft kombinasi kulit, batik tenun, batik sulam, batik tas kain perca, sepatu dengan design batik hingga aksesoris dan home dekor.

“ISMEA ini belum ada satu tahun, tapi perkembangannya sudah seperti ini. Ini akibat dukungan semua pihak terutama untuk memamerkan karya kami. Kedepan, kami ingin melakukan kerja sama lebih banyak dengan Pemkot Bekasi, Kadin, dan mal-mal lainnya,” kata dia.

Sementara itu, General Manager Revo Town, Hargo Dwi, sebagai pihak penyedia tempat mengungkapkan bahwa dukungan Revo Town kepada para pengrajin ini adalah karena Revo memang memiliki zona khusus UKM dan telah dikenal sebagai pusat belanja tekstil di Bekasi.

“Kami ingin menjadi bagian daripada orang yang bangga mengatakan bahwa batik budaya asli Indonesia dan warisan dunia. Kami juga ingin menjadi pusat belanja batik di Kota Bekasi. Kami ada Kampung Batik Nusantara di upper ground,” ujar dia.

Hargo juga mengatakan bahwa dirinya ingin membantu pemerintah dalam meningkatkan apresiasi terhadap batik sebagai budaya asli Indonesia.

“Terutama Bekasi ini kan juga punya batik sendiri. Ciri sendiri yang dikenal dengan dua belas pakem. Ini kan artinya batik ini betul-betul kaya. Jadi kita harus bangga mengenakannya. Saya harap, dengan adanya Gebyar Batik ini, masyarakat Kota Bekasi juga dapat semakin mencintai batik,” tuturnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini