Minin Depo Pengisian Gas di Bekasi, Bajaj BBG Masih Pakai Bensin?

bahan-bakar-gasBEKASI TIMUR  –  Minim dan jauhnya lokasi depo pengisian Bahan Bakar Gas (BBG) yang hanya ada di Pondok Ungu, Medansatria, kerap kali dikeluhkan oleh supir bajaj. Untuk mengakalinya, sampai saat ini bajaj yang dikelola Organda dan diluncurkan Pemkot Bekasi beberapa waktu lalu ini masih menggunakan bahan bakar bensin.

“Sementara pakai bensin. Karena bahan bakar gas adanya di Pondok Ungu. Jauh. Ntar kalau ada ya pakai petrol. Lebih irit,” kata salah seorang supir bajaj, Tarno (45), kepada infobekasi.co.id, Senin (31/10).

Di samping alasan jauhnya jarak, dengan mengisi bahan bakar gas juga berarti bajaj harus lintas kecamatan untuk menuju Pondok Ungu. Ini menyalahi rencana Dinas Perhubungan yang melarang bajaj beroperasi lintas kecamatan.

“Ada juga sih beberapa sopir yang rela jauh-jauh ke Pondok Ungu. Kalau saya pakai bensin. Tapi kalau sudah ada BBG, saya pasti beralih soalnya pakai gas irit,” kata pria yang sebelumnya juga merupakan supir bajaj di Jakarta selama 6 tahun ini.

Meski direncanakan akan dibangun depo di depan Terminal Induk Bekasi, Bekasi Timur, namun, terlalu minimnya lokasi pengisian bahan bakar ini akan menjadi catatan penting. Karena setelah uji coba di Bekasi Timur satu bulan pertama, sedikitnya 50 sampai 100 kendaraan lingkungan bajaj akan ditempatkan di masing-masing kecamatan.

“Kalau yang di terminal belum buka, mau bagaimana lagi?” imbuhnya.

Ia menuturkan, sopir-sopir bajaj di Bekasi, baik yang bermerek Bajaj RE maupun TVS King memodifikasi tempat pengisian bahan bakar sehingga bisa diisi bahan bakar bensin.

Padahal, apabila dibandingkan dengan ambisi pemkot  Bekasi untuk menghadirkan transportasi yang ramah lingkungan lewat kendaraan roda tiga ini, tentunya kenyataan ini sangat bertolak belakang.

“Pemkot Bekasi sih rencananya bakal menggunakan bahan bakar gas untuk merk TVS dan petrol untuk Bajaj RE. Tapi kayaknya infrastruktur belum siap,” ujar supir bajaj RE ini. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini