Muntahan Paus Seharga RP 33 Milyar, Mau?

muntahan-paus-spermaSeorang nelayan dari Oman, yang bernama Khalid Al Sinani, mendadak kaya raya, setelah ia menemukan “muntah paus” yang ditemukannya di tepi provinsi Qurayat beberapa waktu yang lalu.

“Muntah paus” sebenarnya hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk Ambergris. Ambergris itu sendiri merupakan muntahan dari paus sperma/paus kepala kotak, yang terjadi karena iritasi terhadap kepala cumi-cumi atau jenis kerang-kerang tertentu.

Ambergris ini pada dasarnya ketika baru dimuntahkan berbau sangat tidak enak dan warnanya gelap. Namun lama kelamaan, karena pengaruh dari air laut dan udara, maka baunya akan berubah menjadi enak, dan warnanya pun menjadi lebih terang, dari abu-abu, silver, hingga menjadi putih.

Amber ini banyak diperjualbelikan, dan harganya luar biasa tinggi. Hal ini dikarenakan jarang sekali paus sperma yang menghasilkannya, yakni hanya sekitar 4% saja.

Amber banyak dicari orang karena digunakan sebagai bahan dasar parfum. Parfum dengan merk terkenal seperti Chanel dan Lanvin misalnya.

Khalid penemu Ambergris mengatakan bahwa ia menemukan benda tersebut seberat 60 kilogram. Harganya, bisa mencapai 2,5 juta dolar atau sekitar Rp 33 miliar.

“Mimpi saya menjadi kenyataan. Saya sudah menunggu momen ini selama 20 tahun terakhir ketika saya mulai memancing bersama ayah,” kata Khalid seperti yang dilansir dari laman Gulfnews.

Sejauh ini, sudah banyak pedagang dari UEA dan Arab Saudi yang ingin membeli hasil temuannya. Namun ia masih menolak dan menunggu tawaran yang lebih layak. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini