Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah : Banyak Sektor Terbuka bagi Investor Arab Saudi di Indonesia

Raja Salman dari Arab Saudi dan Presiden Joko Widodo
Raja Salman dari Arab Saudi dan Presiden Joko Widodo

Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Muhammad Saripudin, mengatakan bahwa ada banyak sektor yang terbuka bagi investor Arab Saudi di Indonesia.

Sektor-sektor yang dimaksud Saripudin yakni seperti pertambangan, gas, infrastruktur, pariwisata, perumahan, dan perdagangan. Bahkan, kedua negara (Indonesia dan Arab Saudi) telah menandatangani nota kesepahaman di bidang pertambangan senilai enam miliar dolar.

Namun, dia berharap, Indonesia turut bergabung ke pasar Arab Saudi karena sekarang investor asing diizinkan berinvestasi tanpa perlu mitra lokal. Kendala utama, kurangnya informasi tentang Arab Saudi yang dilihat cuma sebagai pusat ibadah tanpa melihat potensi bisnis.

“Indonesia menawarkan peluang pariwisata halal yang berbeda dari Saudi, kedua negara dapat berkolaborasi di sektor pariwisata untuk mencapai tujuan Visi Saudi 2030, dengan membantu sektor perhotelan dan mengidentifikasi tujuan wisata,” ujar Saripudin.

Untuk haji, dia melihat, masih banyak masalah walau kuota haji sudah dikembalikan dari 168 ribu ke 221 ribu. Menurut Saripudin, kesulitan memperoleh izin haji membuat daftar tunggu bisa sampai 30 tahun, sehingga membuat banyak orang Indonesia memilih umrah. (Adm)

Sumber : republika.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini