Sinergikan Prioritas Program, Bappeda Kota Bekasi Adakan Rapat Pleno

BEKASI – Pada hari ini, Selasa (07/03), sedang berlangsung rapat pleno hasil hasil perangkat daerah, di Ruang Gallery H. Nonon Santani, Pemkot Bekasi.

Rapat ini untuk sinergikan prioritas program yang belum tercapai, khususnya program RPJM yang belum disepakati di 2017. Selain itu, juga untuk perencanaan di 2018. Bagaimana capaian kinerja seluruh SKPD sejak 2016, sehingga ada tolak ukur untuk capaian 2018 nanti.

Kepala Bappeda Kota Bekasi, Koswara mengatakan, rapat pleno ini merupakan rangkaian dari musrembang 3 Maret lalu yang dilaksanakan secara audiovisual, di Jalan Juanda. Dalam musrembang tersebut dipapar rancangan awal lalu, dan dilanjutkan ke forum perangkat daerah, kemudian pleno perangkat daerah. Tujuannya yakni untuk menyepakati apa yang jadi include perencanaan.

“Jadi rapat ini sebenarnya merupakan rangkaian musrembang 3 Maret kemarin. Yang dibahas itu adalah rancangan awal dan dilanjutkan ke forum perangkat daerah, kemudian pleno perangkat daerah,” kata Koswara.

Include ini didapat dari evaluasi. Ia menyatakan, kemarin evaluasi hal yang dihadapi SKPD, capaian indikator yang masih minus dan perlu perhatian mereka. Lalu ada persoalan isu strategis terhadap pelayanan dan persoalan yang sekarang terjadi. Contohnya banjir yang masih terjadi walau banyak program PUPR yang dilakukan. Hal ini dikarenakan indikatornya masih ada saja yang kurang.

Contoh lain mengenai kesehatan, yang juga masih banyak kurang.

Ia menyampaikan bahwa permasalahan indikator ini perlu dicari solusinya, karena hal ini penting, mengingat bahwa ini jadi tahun terakhir dari RPJMD.

“Karena indikatornya masih saja ada yang kurang, maka dari itu harus dicari permasalahannya, karena ini penting. Mengingat bahwa ini jadi tahun terakhir dari RPJMD,” ucapnya.

Lanjut Koswara, setelah include disepakati, lalu yang perlu dilakukan adalah penyusunan plafon program. Bukan uang yang ikuti program, tapi dari program apa yang ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini