Pemkab Bekasi Lakukan Gerakan Bangun Kesadaran Minat Baca

Tak hanya Kota Bekasi saja yang menjalankan program literasi, Kabupaten Bekasi pun terus melakukan gerakan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam membaca, dan tentunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Untuk melaksanakan gagasan tersebut, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, melakukan kunjungan ke beberapa Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. Salah satu yang dikunjungi adalah Taman Baca Silih Asah yang berada di Kampung Cikoronjo, Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah, pada Rabu (22/02).

Staff Bidang Pembinaan dan Pengembangan Dinas Arsipda Kabupaten Bekasi, Sapto Noviantoro, menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke Taman Baca Silih Asah tersebut yakni untuk bersilaturahmi dan melakukan identifikasi TBM.

Ia menambahkan, dalam beberapa waktu ke depan pihaknya akan mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada seluruh taman bacaan yang ada dalam kegiatan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Bekasi.

“Kami akan undang dan mengajak pengurus Taman Baca Silih Asah dalam kegiatan tersebut,” kata Sapto.

Menyambut kedatangan Dinas Arsipda, salah seorang pengurus Taman Baca Silih Asah Rizal Faisal merespon baik apa yang dilakukan oleh jajaran Pemkab Bekasi. Pihaknya pun mengaku akan mendukung penuh program yang tengah digencarkan untuk membangkitkan minat baca masyarakat tersebut.

“Taman Baca Silih Asah sudah berdiri sejak 2014 yang dibangun oleh para pemuda yang tergabung di Komunitas Cibarusah Center, kami respon baik dan akan kami dukung,” kata Rizal.

Namun, ia menyampaikan bahwa kegiatan membangkitkan gerakan membaca tidak hanya berhenti di acara-acara sosialisasi saja.

“Kami berharap pemerintah terus berperan dalam mendukung program-program TBM dan terus melakukan pengembangan secara berkelanjutan,” ucap dia. (Adm)

Sumber : bekasikab.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini