Terapkan Disiplin Siswa, SMPN 9 Bekasi Buat Buku Tata Tertib

JATIASIH – Untuk membudayakan disiplin di lingkungan sekolahnya, SMPN 9 Bekasi buat buku tata tertib yang isinya berupa poin-poin peraturan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Sekolah SMPN 9 Bekasi, Sri Mulyani, Rabu (15/03).

“Sebagai tindak lanjut dari menjaga ketertiban sekolah, kami terapkan poin-poin yang dituangkan ke dalam buku peraturan tata tertib sekolah. Hal ini diharapkan mampu menjadi kebiasaan yang positif bagi seluruh siswa,” kata Sri via sambungan telepon.

Diakui olehnya, buku tersebut merupakan idenya sejak masuk dan dipercaya menjabat sebagai kepala sekolah di SMPN tersebut.

“Poin ini sudah saya terapkan sejak satu tahun yang lalu, dan alhamdulillah banyak perubahannya bagi pribadi siswa di sekolah,” tambah dia.

Isi dari buku tata tertib tersebut yakni mengatur para siswa agar tertib berpakaian, tertib di kelas, dan yang lain sebagainya.

Jika nantinya ada siswa yang melanggar, maka akan dikenai sanksi berupa poin.

“Jika tindak pelanggarannya ringan, maka siswa tersebut akan dikenakan sanksi pemberian poin 5, jika berat maka poin yang diberikan bisa mencapai 100, dan siswa yang bersangkutan bisa langsung dikeluarkan, atau mereka bisa membuat surat perjanjian di atas materai dengan orangtua siswa tersebut dipanggil ke sekolah,” katanya menjelaskan.

Sri mengatakan bahwa ada pelajaran yang bisa diambil melalui buku itu. Mereka bisa belajar, patuh, dan menjalankannya dengan baik.

“Ada proses edukasi di dalamnya, sehingga siswa bisa mempelajari, mematuhi, dan menjalankannya dengan baik,” tutur Sri. (Apl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini