Kesbangpol Targetkan Minimal 70% Warga Partisipasi dalam Pilkada 2018

MEDANSATRIA – Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kota Bekasi, Abdillah mengatakan, untuk tahun 2018 nanti Kesbangpol menargetkan 70% warga berpartisipasi dan menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah.

Menurutnya, kesadaran warga Kota Bekasi untuk menentukan siapa pemimpin daerahnya masih sangat kurang. Tercatat, pada pilkada sebelumnya di 2013, partisipasi masyarakat kurang dari 50%.

“Kami merasa prihatin, di tahun 2013 partisipasi masyarakat masih rendah, yaitu dibawah 50%. Kami berharap semua masyarakat sejak dini sudah mulai membangun kesadaran dalam rangka peduli kepada daerah. Serta sama-sama berpartisipasi menyukseskan pemilukada ini agar bisa mencapai target 70 persen warga Bekasi,” ucapnya kepada infobekasi.co.id saat ditemui dalam sosialisasi pemilukada 2018 di aula Sekolah Al Azhar Harapan Indah, Rabu siang (26/04).

Untuk meningkatkan kesadaran tersebut, lanjut dia, maka seperti hari ini, Kesbangpol akan rutin mengadakan sosialisasi pemilukada kepada masyarakat, pejabat, hingga seluruh stakeholder yang ada.

“Sebenarnya kalau berkaca pada pilgub DKI kemarin, suhu politik itu sudah terasa mulai memanas. Kita lihat di media mulai muncul figur-figur yang ingin menjadi wali kota dan wakil. Maka itu, kami dari perangkat daerah mencoba menguatkan diri mulai dari partisipasi, sosialisasi dan pendidikan dasar pada pemilih pemula utamanya yang ada di SMA kita mulai sosialisasi,” ucap dia.

Maka, imbuhnya, Kesbangpol ingin membangun agar masyarakat tidak lagi apatis terhadap pemilihan kepala daerah, karena ini akan berpengaruh kepada segala kebijakan yang diterapkan serta pembangunan kota.

“Hanya intinya saat ini kami sedang berusaha agar tingkat partisipasi masyarakat ini meningkat melebihi kapasitas 2013,” imbuhnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini