Jelang May Day, Ribuan Buruh Federasi LEM Akan Menuju Bandung

BEKASI SELATAN – Menjelang Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada 1 Mei mendatang, ribuan buruh Logam, Elektronik, dan Mesin (LEM) se-Jawa Barat nantinya akan menuju Bandung. Sedikitnya, sebanyak 900 buruh dari federasi LEM SPSI Bekasi juga akan turut serta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua DPC LEM SPSI Bekasi, Danudin, saat dihubungi infobekasi.co.id. Ia mengatakan, 900 buruh LEM tersebut barulah yang tergabung dengan SPSI, belum dari serikat buruh lainnya.

“Berdasar rapat dari DPP bahwa diinstruksikan diadakan di daerah masing-masing. Jakarta sendiri, Jabar sendiri. Nah untuk Jabar akan bergerak ke Bandung dengan kekuatan 5 ribu buruh, itu keseluruhan dari tujuh wilayah, diantaranya Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang. Kalau untuk Bekasi sendiri berangkat 900 itu baru yang LEM,” kata Danudin, Jumat (28/04).

Tidak ada titik kumpul dalam kegiatan tersebut. Danudin mengatakan, para buruh nantinya akan berangkat dari perusahaan masing-masing dan akan langsung menuju Tugu Perjuangan, Bandung.

“Akan ada tiga tuntutan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Jabar. Yang pertama, dengan beralihnya fungsi pengawasan ketenagakerjaan ke provinsi kita ingin pastikan lebih baik,” ucapnya.

Yang kedua, lanjut dia, gubernur harus mensahkan UMSK paling lambat akhir Desember dan berlaku untuk semua sektor industri barang dan jasa.

“Lalu yang terakhir, kami menuntut juga untuk perbaiki profesionalisme dan kualitas pelayanan JKN, BPJS Kesehatan, dan fasilitas kesehatan RS untuk seluruh rakyat Indonesia. Untuk yang terakhir ini bukan hanya untuk kepentingan buruh tapi juga rakyat,” imbuh dia.

Danudin menginformasikan, bahwa di Kabupaten Bekasi juga akan ada agenda May Day, diantaranya buruh mengaji yang dihadiri oleh kementrian dan juga Bupati Bekasi.

“Rencananya akan ada 5 ribu buruh khusus daerah Bekasi dari seluruh federasi,” tuturnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini