6 Cara Diet Sehat Untuk Capai Berat Badan Ideal

Ragam cara diet sehat menjadi solusi alternatif membentuk tubuh ideal. Diet rendah kalori menjadi jurus jitu jika ingin berat badan menjadi ideal namun badan tetap sehat.

Diet sembarangan bukanlah solusi untuk menjadi ramping dalam waktu singkat. Justru hilangnya asupan gizi atau tidak makan dalam rentang waktu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Orang yang kurang gizi menjadi mudah lelah dan produktivitasnya terganggu. Jika tidak ingin mengalaminya, beberapa kebiasaan sederhana berikut dapat membawa manfaat besar, apabila dilakukan secara konsisten.

Kuncinya, Anda hanya perlu tahu kapan harus makan dan kombinasi makanan apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut Infobekasi.co.id memaparkan 6  Cara Diet Sehat untuk mencapai berat badan ideal Anda :

Jaga Asupan Nutrisi

Menurunkan berat badan bukan berarti menghilangkan komponen penting dalam makanan. Syarat menjalankan cara diet sehat adalah memenuhi nutrisi yang seimbang. Jangan tinggalkan sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, protein, dan air. Jika salah satunya dihilangkan, maka metabolisme tubuh bisa menurun pada saat berdiet.

Satu hal lagi, makanan yang dikukus atau direbus memiliki kandungan nutrisi lebih lengkap dibanding makanan yang digoreng. Hindari gorengan berminyak banyak selama melakukan diet sehat.

Perbanyak Konsumsi Serat

Konsumsi beragam sayur dan buah akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yaitu selada, umbi-umbian, sayuran rambat, dan buah-buahan segar.

Makanan berserat juga dapat mencegah sembelit akibat tersumbatnya saluran pembuangan oleh kumpulan gas dan toksin. Jika terjadi sembelit maka bisa jadi program diet Anda pun akan terhambat.

Perbanyak Konsumsi Kalori

Meskipun berpeluang menambah berat badan, sebenarnya kalori bukan ‘musuh’ bagi suatu program diet sehat. Pelaku diet harus menakar kebutuhan kalori sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas,

Selain itu, setiap minggu perlu terjadi pembakaran energi dari 3.500 kalori, atau setara 500 kalori per hari. Artinya, cara diet sehat akan sukses dengan syarat lain yaitu program olahraga serta latihan fisik.

Kombinasi Jus Sayur dan Buah

Minuman jus baik dikonsumsi menjelang sarapan, makan siang, atau sebagai pengganti makan malam. Pada pagi hari, Anda bisa meminum segelas jus apel dengan campuran wortel.

Untuk siang harinya minumlah jus dari kombinasi buah dan sayur, yaitu kol, lemon, dua buah apel, timun, seledri, dan satu ruas jahe. Sedangkan menjelang makan malam, menu jus sehat adalah paprika, ubi, wortel, apel, dan jeruk sunkist.

 Perbanyak Minum Air Mineral

Selain meminum jus dari kombinasi berbagai makanan sehat, tentunya jangan lupa minumlah air mineral secara teratur.

Jangan Lupa Olahraga

Serajin apapun Anda melakukan diet, tetapi kalau tak diimbangi dengan gerakan fisik, maka berat badan takkan cepat berubah. Begitupun sebaliknya, bila olahraga tidak disertai dengan pola makan yang seimbang.

Jadi, disiplinkan waktu olahraga Anda. Paling tidak usahakan untuk berolahraga setidaknya 2-3 jam per minggunya.

Sebagai pendamping latihan fisik, Anda membutuhkan kudapan tinggi protein dan rendah kalori, diantaranya telur rebus, kacang almond, susu non-fat, dan buah-buahan segar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini