Sering Typo Saat Chatting? Bisa Jadi Kamu Kena Penyakit Ini!

Gara-gara banyaknya aplikasi smartphone yang membuat hidupmu semakin mudah dan seru, bukan tidak mungkin kamu lupa waktu hingga tidak bisa melepas tanganmu dari smartphone. Coba ingat sejenak, berapa jam dalam sehari kamu mengunakan smartphone milikmu? Bisa jadi kamu tidak ingat karena saking seringnya.

Jangan terlalu terpaku dengan smartphone-mu hingga lupa waktu. Karena ada penyakit mengerikan yang mengincar dan bisa membahayakan kesehatan badanmu, yaitu bernama penyakit Tech Neck.

Saat menggunakan smartphone, jari-jari tanganmu tidak pernah berhenti bergerak. Matamu tidak lepas dari menatap layar smartphone, dan kepalamu pun terus menunduk. Pernah nggak kamu merasa tiba-tiba leher menjadi pegal dan mulai terasa kaku? Jika iya, kamu wajib berhati-hati, karena jika kecanduan smartphone kamu bisa terkena sindrom yang disebut Tech Neck.

Penyakit Tech Neck ini adalah dimana kondisi saat bahu dan leher terasa kaku karena terlalu lama menggunakan smartphone atau perangkat teknologi lainnya. Penyakit Tech Neck terjadi karena otot bahu, jari tangan dan leher dipaksa terlalu berat bekerja. Jika dibiarkan terlalu lama, Tech Neck bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan, hingga bungkuk.

Tanda-tanda Tech Neck mulai melanda:

  1. Otot leher terasa kaku
  2. Pusing saat menatap layar smartphone, sering salah fokus saat membaca teks panjang
  3. Sering typo saat chatting karena jari tangan mulai kehilangan kontrol

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Tech Neck

Selain karena terlalu lama chatting, Tech Neck juga bisa diakibatkan karena posisi pipi dan bahu terlalu dekat saat terlalu lama menerima telepon. Adapun cara terbaik agar kamu tidak terkena sindrom Tech Neck adalah dengan mengontrol penggunaan smartphone-mu. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Lock Me Out untuk mencegah penggunaan smartphone selama beberapa saat.

Untuk mengobati dan mencegah Tech Neck, kamu juga bisa melakukan hal-hal berikut:

  1. Gerakan pundak dan leher secara berkala saat menggunakan smartphone atau di depan komputer.
  2. Pejamkan mata selama beberapa saat jika kepala mulai terasa berat.
  3. Saat mulai terasa sering typo, langsung hentikan aktivitas penggunaan smartphone-mu. Cobalah pergi keluar untuk melancarkan peredaran darah dan mengembalikan fokusmu.
  4. Gunakan headset saat menerima panggilan telepon, sehingga meminimalkan urat di leher tersumbat karena terlalu lama mendekatkan pundak dan pipi selama teleponan.

Nah, masih mau main smartphone tanpa terkontrol? daripada terserang penyakit Tech Neck kan? Meski sudah dijabarkan cara mengobatinya, tapi akan lebih baik jika mencegahnya kan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini