143 Orang Gila Akan Mencoblos di Bekasi, Begini Teknisnya

Infobekasi.co.id – KPU Kota Bekasi mencatat sebanyak 143 orang gila memperoleh hak pilih di dalam Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019. Oleh sebab itu, mereka diberikan kesempatan menentukan pilihan dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia ini.

“Tidak ada TPS khusus bagi mereka, adapun TPS ikut di TPS di sekitar tempat mereka dirawat,” kata Komionir KPU Kota Bekasi, Pedro Purnama Kalangi, Senin (15/4).

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, kata dia, ada dua lembaga sosial yang menampung penyandang disabilitas mental atau gangguan kejiwaan. Di antaranya Yayasan Galuh di Rawalumbu, dan Yayasan Zamrud Biru di Mustikajaya.

Di Yayasan Galuh sebanyak 34 terdiri dari pemilik KTP Kota Bekasi 12 dan pemilik KTP luar Kota Bekasi sebanyak 22. Sedangkan di Sedangkan di Yayasan Zamrud Biru Mustikajaya pemilik KTP Kota Bekasi 25, dan KTP luar Kota Bekasi 84.

Pedro menyebut, teknis pencoblosan yaitu petugas TPS mendatangi tempat mereka dibina ketika waktu senggang atau di atas pukul 12.00 WIB dengan membewa peralatan pencoblosan lengkap, berikut surat suara.

“Tidak mungkin mereka datang ke TPS,” ujar Pedro. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini