Orang Amerika dan Filipina Masuk Daftar Pemilih Pemilu di Bekasi

Infobekasi.co.id – Dua warga negara asing (WNA) yang berdomisili di Kota Bekasi, Jawa Barat masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan umum (Pemilu) anggota legislatif maupun pemilihan Presiden RI 2019.

Divisi Data pada KPU Kota Bekasi, Pedro Purnama Kalangi, mengatakan dua WNA yang masuk ke dalam dalam daftar pemilih tetap masing-masing Jamima Maquiling asal Filipina dan Jewel Lee La Russa asal Amerika Serikat. Keduanya berdomisili di Bekasi Utara.

“Terdeteksi melalui penyisiran menggunakan aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih) milik KPU,” kata Pedro di kantornya, Selasa (5/3).

Penyisiran, kata dia, dilakukan adanya warga negara asing sudah memperoleh kartu tanda penduduk (KTP) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi. Instansi itu mencatat ada 109 WNA di wilayahnya memperoleh dokumen kependudukan tersebut sepanjang 2016-2019.

“Berdasarkan data dari nomor induk kependudukan (NIK) tercatat dalam daftar pemilih (DPT),” kata dia.

Karena itu, menurut dia, KPU segera berkordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk dilakukan pencoretan. Soalnya, kata dia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu hanya dapat diikuti oleh warga negara Indonesia.

Jumlah Data Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) di Kota Bekasi untuk Pemilu Legislatif dan Presiden setelah dikurangi dua WNA tersebut kini menjadi 1.682.118. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini