PPDB Jalur Zonasi di Bekasi, Pendaftar Masih Tergiur Sekolah Favorit

Infobekasi.co.id – SMP Negeri 1 Kota Bekasi di Jalan Agus Salim, Bekasi Timur menjadi favorit pendaftar pada PPDB online tahun ajaran 2019/2020. Masyarakat masih terpikat dengan predikat sekolah favorit, meskipun penerimaan menggunakan sistem zonasi radius atau jarak terdekat tempat tinggal siswa.

Fahmi, (50) warga Arenjaya, mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri 1 meskipun jarak tempat tinggal dengan sekolah mencapai 3.665 meter atau 3,6 kilometer.

“Daftar ke sini untuk memenuhi keinginan anak,” kata Fahmi, Senin, 1 Juli 2019.

Fahmi mengabaikan dua sekolah negeri yang tak jauh dari rumahnya yaitu SMP Negeri 11 dan 32 yang lebih dekat. Ia mengatakan, pertimbangan mendaftar ke sana karena SMP Negeri 1 cukup favorit sejak dulu.

Berdasarkan pengamatan di situs resmi PPDB online, pendaftar paling jauh berasal dari wilayah Kecamatan Pondok Gede. Pendaftar dengan nama Fasha Putra Pratama menduduki urutan paling bawah dari 236 kuota yang disediakan pada pukul 13.00. Sebabnya, radius tempat tinggalnya dengan SMP Negeri 1 hampir 10 kilometer.

Kepala Seksi SMP pada Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Mawardi meminta pendaftar tak memaksakan mendaftar ke SMP Negeri. Sebab, calon siswa hanya diberikan kesempatan dua kali mendaftar ke sekolah negeri.

“Lebih baik mendaftar ke sekolah terdekat, karena sistem yang dipakai adalah radius,” kata Mawardi.

Ia mengatakan, pendaftaran dengan sistem zonasi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB). Sistem ini dipakai untuk menghapus stigma sekolah favorit, karena melalui peraturan itu pemerintah ingin memeratakan pendidikan. (adt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini