Belum Ada Teknologi, TPA Sumur Batu Diperluas

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi memperluas TPA Sumurbatu di Kecamatan Bantargebang hingga satu hektar. Ini ditengarai TPA tersebut telah over kapasitas dan belum ada teknologi yang mengolah sampah di sana.

“Rencana perluasan 3,8 hektar, tapi tahun ini baru terealisasi sekitar 1 hektar,” kata Kepala Seksi Perencanaan dan Pengadaan Lahan Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Kota Bekasi, Usman Sufirman di Bekasi, Rabu (4/9).

Usman mengatakan, pembebasan lahan seluas 1 hektar tahun ini memakan biaya Rp 6 miliar. Menurut dia, pemerintah masih butuh hingga Rp 20 miliar untuk menuntaskan rencana kebutuhan lahan seluas 2,8 hektar.

Kepala UPTD TPA Sumurbatu, Ulfa Masropah mengatakan, lahan yang dibebaskan tahun ini dipakai zona baru yaitu 6 C. Sebab, dari enam zona yang ada, kata dia, hanya zona 5 dan 6 yang masih aktif.

“Zona 1 dan 2 udah dicover soil, yang 3 dan 4 enggak aktif, sekarang diambil gas metan,” ujar dia.

Ia mengatakan, luas TPA yang eksis sekarang mencapai 21 hektar. Setiap hari, kata dia, ada sekitar 700-900 ton sampah produksi warga Kota Bekasi dikirim ke sana. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini