Butuh Waktu 14 Hari Bersihkan Sampah Bambu di Sungai Cikeas Jatiasih

Infobekasi.co.id – Ribuan ton sampah bambu di Bendung Koja, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, selesai dibersihkan pada Senin (28/10). Proses pengangakatan sampah dari badan sungai ini membutuhkan waktu selama 14 hari.

“Kendalanya ya karena harus diangkat manual itu. Ditambah cuaca yang sangat terik,” kata Ketua Komunitas Peduli Sungai Cikeas-Cileungsi, Puarman pada Senin (28/10).

Adapun alat berat jenis crane hanya bisa dipakai mengangkat pohon-pohon besar yang berada di sungai. Selebihnya, petugas gabungan dari berbagai instansi mengangkat secara manual.

Puarman tak mencatat lagi volume sampah yang diangkat. Selain dibuang, sampah itu ada yang diambil oleh penduduk. Tapi, prediksi awal diperkirakan mencapai 1200 kubik atau ton.

Menurut dia, pembersihan melibatkan 11 instansi baik di Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC), kepolisian, dan TNI.

Berdasarkan catatan KP2C, sampah bambu menumpuk di Bendung Koja, Jatiasih ini merupakan yang kesembilan kalinya sepanjang setahun terakhir. Namun, volume terakhir ini menjadi yang terbanyak, karena tumpukan sampah hingga 150 meter lebih. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini