Polres Metro Bekasi Kota Meraih Penghargaan WBBM

Infobekasi.co.id – Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota mendapatkan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Penghargaan diterima langsung oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Komisaris Besar Indarto di Jakarta kemarin malam.

“Ini merupakan buah dari kerja keras, kami menciptakan zona integritas dalam melayani masyarakat,” kata Indarto pada Rabu (11/12).

Menurut Indarto, Polres Metro Bekasi Kota menjadi satu-satunya polres di bawah naungan Polda Metro Jaya yang mendapatkan penghargaan tersebut. Adapun empat lainnya adalah Polres Solo dan tiga lainnya di Jawa Timur.

Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk mempertahankan penghargaan WBBM dengan sistem yang telah dibuat.

“Jadi siapa pun Kapolresnya, siapa pun pejabatnya kalau dia menyimpang, hampir dipastikan ketahuan, karena sistem sudah dibuat. Sudah enggak ada lagi yang tidak transparan,” katanya.

Menurut dia, sebelum memulai WBBM, kata dia, Polres Metro Bekasi Kota lebih dulu menerapkan zona wilayah bebas korupsi (WBK) sejak 2018 lalu. Ketika program itu berhasil, maka ditingkatkan menjadi WBBM pada awal 2019.

Ia mengatakan, sejumlah langkah demi mewujudkan WBBM adalah menyikat habis praktik percaloan terutama permohonan surat izin mengemudi (SIM). Bahkan, upaya ini mendapatkan apresiasi dari Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya dimana lembaga negara non pemerintah ini merekomendasikan pelayanan di Polres Metro Bekasi menjadi percontohan.

“Kami juga melakukan inovasi, membuka layanan SKCK dan perpanjangan SIM selama 24 jam dengan sistem antrean online. Intinya pelayanan prima yang memberikan kepuasan kepada masyarakat,” katanya. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini