Tumpukan Sampah Memanjang 100 Meter di Kali Jambe Tambun

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan membersihkan tumpukan sampah banjir sepanjang 100 meter di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan pada akhir pekan ini. Pembersihan dilakukan manual karena tidak ada akses alat berat.

“Kita akan gelar kerja bakti Sabtu ini,” kata Camat Tambun Selatan, Junaefi pada Kamis, 16 Januari 2020.

Ia memperkirakan jumlah orang yang terlibat dalam kerja bakti mencapai 100 orang. Mereka terdiri dari perangkat Desa Mangunjaya, Desa Setiamekar, UPTD Kebersihan, dan unsur musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika).

“Karena pembersihannya harus manual, tidak bisa pakai alat berat,” tutur Junaefi.

Junaefi menambahkan, tumpukan sampah banjir di Kali Jambe ini merupakan titik kedua. Sebelumnya, sampah serupa berada di kawasan Graha Prima. Tumpukan sampah cukup banyak menyumbat tiga gorong-gorong besar di bawah jembatan. Proses pembersihan di lokasi ini memakan waktu selama dua hari memakai alat berat.

“Sejauh ini belum ada laporan lagi perihal tumpukan sampah banjir di aliran kali,” kata Junaefi.

Ketua RW 31, Desa Mangunjaya, Sugiharti mengatakan, tumpukan sampah banjir terjadi sejak 3 Januari lalu. Ia menuturkan, berbagai macam jenis sampah yang menumpuk di aliran tersebut. Mulai dari gedebong pisang, kayu, sampah rumah tangga, styrofoam, hingga bekas perabot rumah tangga.

“Ini sampah bawaan banjir,” kata dia. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini