Tes Corona dengan PCR Sudah Bisa Dilakukan di Bekasi

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah memiliki alat deteksi virus corona yang lebih akurat berupa Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasilnya diklaim maksimal dan ditunggu selama tiga jam.

Alat tersebut sekarang berada di Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bekasi yang bertempat di Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara.

“Alat ini sudah mulai digunakan sejak hari Selasa lalu,” kata Kepala UPTD Labkesda Kabupaten Bekasi, Agus Sarin dalam keterangan, Kamis (16/4).

PCR merupakan alat khusus untuk mendeteksi virus corona. Alat ini yang dipakai di Balitbang Kemenkes. Selama ini, pemeriksaan dikirim ke sana dan memerlukan waktu 7 sampai dengan 10 hari untuk mengetahui hasilnya.

“Dengan adanya alat ini, kita dapat memotong waktu lamanya pemeriksaan hasil swab test. Hasilnya akan keluar dalam kurun waktu 2 sampai dengan 3 jam,” kata dia.

Menurut dia, Labkesda Kabupaten Bekasi mampu memeriksa 16 sampel swab test dalam sehari. Kedepan, pemerintah akan menambah kapasitasnya menjadi dua kali lipat dari sekarang.

“Ini merupakan kabar baik untuk masyarakat Kabupaten Bekasi. Dimana, kami sudah memiliki alat sendiri, tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya,” kata dia. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini