Aksi Buruh di Bekasi Merayakan Mayday Besok

Infobekasi.co.id – Jelang peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei besok, buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Bekasi, akan menyuarakan aksinya melalui media sosial tanpa turun ke jalan.

Koordinator Aksi FSPMI Kota Bekasi, Heru Purdiyanto mengatakan, peringatan May Day yang jatuh pada Jumat (1/5), seluruh buruh yang tergabung di dalamnya tidak akan melakukan aksi turun ke jalan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi peyebaran virus Covid -19 di tengah aksi tersebut.

“Kami tidak akan turun ke jalan memperingatinya, sebagai gantinya melalui media sosial (Medsos) dan suara buruh kami gemakan terhitung mulai pukul 00.00 nanti malam,” tuturnya, Kamis (30/4).

Dikatakannya, terkait May Day, ada sejumlah tuntutan yang disuarakan para buruh Kota Bekasi, diantaranya menyetop Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), membayarkan THR 100 persen, mempekerjakan para buruh di rumah saat pandemi Covid-19 serta menolak RUU Omnibus Law.

“Ada beberapa tuntutan yang kami suarakan melalui medsosnya,” jelasnya.

Terkait buruh yang masih bekerja disaat pendemi Covid-19, Heru meminta agar pihak perusahaan bisa mempekerjakan mereka dari rumah.

“Saat ini hampir 90 persen buruh masih dipekerjakan di perusahaan di tengah pandeminya dan kami meminta agar mereka bisa bekerja dari rumah untuk mencegah terpapar virus tersebut dengan pembayaran hak mereka secara penuh seperti sebelum pandemi,” pintanya.

Reporter: Giri Sasongko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini