Penelitian Situs Bersejarah di Stasiun Bekasi Dilakukan Pekan Depan

Infobekasi.co.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi akan segera membentuk tim untuk meneliti situs sejarah di Stasiun Bekasi.

Tim terdiri dari unsur Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten, Tim Ahli Cagar Budaya Kota Bekasi dan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI.

“Insyallah penelitian itu dimulai pada Minggu depan,” kata Kepala Disparbud Kota Bekasi, Tedy Hafnidi sela peninjauan bersama Dirjen Perkeretapian Kemenhub, Selasa (18/8).

Dengan percepatan penelitian, kata dia, sehingga dapat segera disimpulkan benda yang ditemukan di sela proyek revitalisasi Stasiun Bekasi tersebut.

“Kemudian juga bisa memberikan rekomendasi kedepannya,” kata dia.

Menurut dia, apapun jenis cagar budaya harus dilestarikan. Sehingga masyarakat bisa mengetahui jejak sejarahnya. Adapun hasil rapat bersama, kata dia, akan dibuat ruang khusus cagar budaya di Stasiun Bekasi.

“Stasiun Kota Bekasi yang nantinya menjadi modern, tetap mempertahankan ciri khas budaya lamanya yaitu melalui situs budayanya,” terang dia.

Ketua Tim Cagar Budaya Kota Bekasi, Ali Anwar, berharap penelitian tidak memakan waktu lama, mengingat bangunan lama yang ditemukan tersebut sudah terbongkar atau terbuka.

“Kita berharap sekitar seminggu sudah selesai penelitian agar segera mengetahui lebih lanjut di dalam penemuan situs tersebut,” katanya.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini