APBD Kota Bekasi 2021 Disahkan, PKS Soroti Kualitas Manajemen Pendidikan

Infobekasi.co.id – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi tahun 2021 disahkan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur pada Senin (30/11) siang. Anggaran daerah tahun depan disepakati defisit hingga Rp 200 miliar.

Dalam draft APBD Kota Bekasi 2021 disebutkan nilai belanja sebesar Rp 6,1 triliun, lebih besar ketimbang nilai pendapatan yang bersumber dari pendapatan asli daerah dan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar hingga Pemerintah Pusat. Nilainya sebesar RP 5,9 triliun.

Ketua Fraksi PKS di DPRD Kota Bekasi, Darajat Kardono mengatakan, dengan disahkannya APBD 2021 Pemerintah Kota Bekasi perlu memperhatikan peningkatan kualitas dan optimalisasi kualitas manajemen pendidikan.

“Pemenuhan anggaran layanan pendidikan anak usia dini serta insentif untuk pengajarnya atau tutor serta sarana prasarananya,” katanya, Senin (30/11).

Selain itu, menurut dia, layanan pendidikan dasar dan menengah melalui SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) agar dijalankan di setiap sekolah dengan memenuhi standar sarana prasarananya.

“Seperti meja, bangku jangan sampai ada siswa yang belajar tanpa meja dan bangku. Kemudian USB ( unit sekolah baru) yang harus betul-betul dapat direalisasikan,” katanya.

Karena ini menjadi kebutuhan layanan pendidikan yang esensial. Sehingga tidak lagi siswa SMP dalam berkegiatan belajar masih menumpang di sekolah dasar negeri atau tempat lainnya.

“Kemudian kesejahteraan tenaga pendidik, di masa pandemi Covid 19 perlu menjadi perhatian untuk memastikan daya dukung yang baik terhadap proses kegiatan belajar di sekolah,” kata dia.

Ia menambahkan, fraksinya juga menyoroti ihwal mekanisme pencairan anggaran program dana bantuan operasional sekolah baik tingkat dasar maupun menegah pertama. Setiap pencariran, menurut dia, agar dilakukan tanpa menganggu aktifitas kegiatan di sekolah.

“Terutama tidak mempersulit pihak sekolah,” kata dia. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini