Pekan Depan, 12 Ribu Buruh di Kabupaten Bekasi Jalani Swab Tes

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan menggelar tes massal Covid-19 di kalangan buruh. Targetnya sebanyak 12 buruh yang bekerja di Kawasan Industri di Cikarang.

“Sekarang sedang persiapan, diharapkan pekan depan sudah bisa berjalan,” kata Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah ketika dihubungi pada Rabu (2/12).

Buruh menjadi target tes massal karena menyumbang kasus terbanyak di Kabupaten Bekasi. Yaitu mencapai 65 persen dari total kasus yang terkonfirmasi sebanyak 6.164 per 1 Desember kemarin, dimana kasus aktif sekarang ada 456.

“Tes massal akan dipusatkan di kawasan industri MM2100,” kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan, mekanisme tes dilakukan secara bertahap selama 12 hari. Artinya dalam sehari, ada seribu buruh yang diperiksa spesimennya untuk mendeteksi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Alatnya mencukupi, yang sudah ready sekarang sekitar 10 ribu,” kata Alamsyah.

Dilansir dari situs pikokabsi.bekasikab.go.id, kasus Covid 19 di Kabupaten Bekasi masih terus ditemukan. Selama sepekan terakhir, ada 429 kasus. Artinya rata-rata kasus harian sebanyak 61,2. Sementara pasien meninggal dunia secara kumulatif terkonfirmasi sebanyak 108, dan pasien sembuh 5.600.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional memetakan wilayah Kabupaten Bekasi berada di zona oranye atau memiliki risiko sedang. Adapun pembatasan sosial berskala mikro telah diperpanjang sampai 23 Desember 2020. (fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini