Tahu dan Tempe Sudah Beredar Lagi di Bekasi Hari Ini, Harganya?

Infobekasi.co.id – Sempat menghilang selama tiga hari, sekarang makanan khas Indonesia yaitu tahu dan tempe sudah kembali beredar di Bekasi dan sekitarnya. Tapi, harga jual di pasaran mengalami kenaikan. Pasalnya, harga pokok produksi juga naik akibat bahan baku naik.

“Naik Rp 2.000, biasanya Rp 3000 sekarang menjadi Rp 5.000, yang biasanya Rp 5000 sekarang menjadi Rp 7.000,” kata Mpok Noni, pedagang pecel lele di Jalan Juanda, Bekasi Timur, Senin (4/1/2021).

Seorang produsen tempe di Jalan Dewi Sartika, Saari membenarkan sempat mogok produksi selama tiga hari. Ia menyebut, hal itu bagian dari protes atas kenaikan harga kedelai yang menjadi bahan baku utama membuat tempe.

“Udah sekitar dua bulan ini naiknya, sedangkan kalau untuk harga normalnya sebelum ada kenaikan kedelai itu 1 kg hanya sebesar Rp. 7.000 saja,” keluhnya.

Setelah aksi mogok selama tiga hari, Saari bersama dengan produsen lainnya mulai memproduksi lagi kemarin untuk didistribusikan hari ini. Namun, harga jual kepada pengecer mengalami kenaikan.

“Harga tempe saya juga ikut naik sebesar 500 perak itu juga maksa dari yang harga awal sebesar Rp 4.000 saja,
Kalau tidak maksa saya tidak bisa menghidupi keluarga, terus gak bisa makan,” kata dia.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini