Murid SD Batal Nikmati Toilet Seharga Ratusan Juta Rupiah

Infobekasi.co.id – Murid Sekolah Dasar (SD) Mangunjaya 04 Tambun Selatan, belum bisa merasakan ‘nikmatnya’ Buang Air Besar (BAB) di toilet mewah yang dibangun dengan dana ahmpir Rp 200 juta, “Senin masih harus belajar dari rumah,” kata Rosida, orang tua murid yang anaknya duduk di kelas IV ini.

Tolet dengan dua pintu di sisi selatan dan tiga pancuran keran untuk wudhu di sisi timur, masih ‘perawan’ belum ada yang menggunakan. Termasuk kloset jongkok berwana putih dan wastafel cuci tangan dengan sistem injak belum dapat digunakan.

Andi, satu pekerja proyek Toilet mewah di SD Mangunjaya 04 Tambun Selatan mengatakan, semua sudah berfungsi dan siap digunakan, “Tinggal pakai saja semuanya sudah oke,” tandas Andi, sambil mengatakan pekerjaan finishing rampung akhir Desember 2020.

Tidak ‘bermanfaatnya’ toilet mewah itu karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi belum bisa memastikan jadwal belajar tatap muka akan dimulai mulai semester genap. Ini karena kasus penularan di wilayah itu masih tinggi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda menambahkan, sebenarnya pemerintah telah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Bahkan, pemerintah sudah memiliki skema belajar tatap muka di masa pandemi, seperti dalam satu kelas hanya boleh diisi 50 persen. Kemudian, untuk mencegah penyebaran, pelajar pun wajib diantar-jemput oleh orang tuanya.

Bahkan, sarana dan prasarana pun telah disiapkan, di antaranya tempat mencuci tangan di tiap-tiap kelas, serta pengukur suhu tubuh. Namun, kesiapan itu tidak dibarengi dengan kondisi pandemi yang terus meningkat.

”Persyaratan untuk melakukan pembelajaran tatap muka itu, harus ada izin dari pihak orangtua siswa,” katanya.

Reporter: Saban Jr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini