Hanya Punya Empat Toilet, Dewan Kritisi SMAN 18 Bekasi

BEKASI TIMUR – Saat melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke SMAN 18 Bekasi, Jumat (27/01), anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi dari fraksi Golkar, Rahmawati, mendapati sekolah berdaya tampung 400 pelajar tersebut hanya memiliki empat toilet.

Ia menyayangkan hal tersebut mengingat perbandingan normal yang semestinya diterapkan untuk sebuah sekolah yaitu setiap 40 pelajar disediakan 1 toilet. Sehingga semestinya, SMAN 18 Bekasi memiliki setidaknya 10 ruang toilet.

“Sebelumnya kami mendapatkan laporan bahwa bangunan sekolah tiga lantai yang baru selesai dibangun menggunakan dana CSR ini tidak mempunyai fasilitas toiletnya. Maka saya coba turun ke lapangan,” katanya.

Saat tiba di lokasi, kepala sekolah tidak berada di tempat dan hanya diwakili oleh wakil kepala sekolah bidang sarana. Politisi Perempuan partai Golkar ini langsung melihat lokasi bakal toilet yang masih ditutup triplek menutupi semua ruang kamar mandi yang baru di sekat sekat saja.

“Padahal gedung tersebut sudah berfungsi sebagai ruang kelas belajar bagi kelas 10, sehingga mereka harus menuju ke gedung lama untuk bisa ke toilet dalam jarak waktu 15 menit dan belum lagi bila terjadi antrian,” ucap dia.

Kondisi ini, lanjut Rachmawati tentu saja membuat tidak kondusifnya kegiatan belajar dan mengajar. Sehingga dirinya bersama Komisi IV DPRD kota Bekasi akan melanjutkan persoalan ini ke Dinas Pendidikan Kota Bekasi sekaligus untuk menanyakan mengenai masih kosongnya meubelair di tiga kelas sehingga kegiatan belajar mengajar dibuat menjadi dua shift.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana, Elfi, mengatakan bahwa pihak sekolah sejauh ini sudah mengajukan anggaran pembangunan toilet ke musrenbang tingkat kelurahan.

“Kami mengetahui kurangnya fasilitas toilet yang ada. Dan pihak sekolah sudah mengajukan anggaran ke musrenbang. Namun kami belum mendapatkan kepastian apakah tahun pelajaran 2017 ini sekolah kami akan mendapatkan anggaran pembangunan untuk pendidikan untuk.merampungkan bangunan toiletnya juga pengadaan meubelair atau tidak,” kata Elfi. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini