Infobekasi.co.id – Danone Indonesia bekerjasama dengan Kitabisa.com menyalurkan bantuan seribu paket sembako. Dalam penyalurannya, dengan memberdayakan masyarakat dari pekerja nonformal menjadi kurir pengantar bantuan kepada yang membutuhkan serta terdampak pandemi Covid 19.
“Danone Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dan masyarakat dalam mencegah dan mengatasi dampak pandemi COVID-19 di Indonesia,” kata Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin dalam keterangannya, Rabu (3/2).
Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen korporasi untuk memberikan bantuan senilai Rp 30 Miliar dalam upaya penanggulangan dan pencegahan COVID-19 di Indonesia.
“Kali ini, untuk mendukung pemenuhan nutrisi keluarga, kami bekerjasama dengan Kitabisa.com dalam program #PengantarKebaikan untuk dapat memberikan bantuan kebutuhan makanan pokok keluarga sembari memberdayakan pekerja nonformal untuk mengantarkan paket,” katanya.
Program “#PengantarKebaikan” berlangsung pada periode 18 Januari – 5 Februari 2021 dengan menyalurkan bantuan 1.000 paket sembako kepada keluarga yang membutuhkan di Bandung, Bekasi, Bogor dan Sukabumi.
Paket terdiri dari bahan pangan dan air minum dalam kemasan. Ini bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi sehari-hari agar tetap sehat di tengah pandemi ini. Selain itu, petugas yang mengirimkan paket sembako ini (disebut juga #KurirKebaikan) merupakan para pekerja nonformal yang ditunjuk oleh Kitabisa.com.
Sehingga melalui program ini, bukan hanya bermanfaat bagi para menerima donasi namun juga dapat ikut memberdayakan orang-orang yang kehilangan pekerjaan agar bisa kembali memperoleh pendapatan.
Selain itu, setiap kurir juga dibekali pembersih tangan dan sarung tangan sehingga proses pembagian sembako dapat tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Proses pendistribusian yang dilakukan melalui #KurirKebaikan ini merupakan upaya untuk mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai dengan kebijakan pemerintah, sehingga dapat menghindari kerumunan dan tetap bisa jaga jarak fisik.
“Para pengirim mau pun penerima bantuan ini memang ditujukan bagi mereka yang berpenghasilan tidak pasti seperti pekerja harian, pengemudi ojek online, hingga pedagang kaki lima. Hal ini kami lakukan agar dapat mendukung pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari untuk mereka dan anggota keluarganya,” ujarArif.
Marisa TharaWardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa.com menyambut baik kolaborasi itu. Melalui program #PengantarKebaikan yang dilakukan oleh #KurirKebaikan ini diharapk an dapat meringankan beban para pekerja harian agar sama sama dapat tetap bisa bertahan hidup di tengah kondisi yang masih belum menentu ini.
Selama pandemi COVID-19, Danone di Indonesia telah bekerjasama dengan pemerintah, berbagai lembaga, rumahsakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan berupa peralatan pelindung diri, peralatan medis seperti ventilator dan tempatt idur, bantuan nutrisi dan hidrasi bagi tenaga medis, hingga kelompok rentan.
Selanjutnya, Danone Indonesia akan terus memberikan bantuan dan bekerjasama dengan berbagai pihak agar dapat berkontribusi dan menggerakkan masyarakat untuk saling jaga mengatasi dampak COVID-19 di Indonesia.
“Untukitu, kami mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama #KitaSalingJaga dan bantu sesama agar dapat melewati pandemi ini dengan tetap sehat,” tutup Arif. (fiz)