Wali Kota Bekasi Masih Izinkan Karantina Mandiri di Rumah

Infobekasi.co.id – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pemerintah daerah masih mengizinkan pasien Covid 19 melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Dengan catatan, tempatnya representatif dan tidak berpotensi menularkan kepada keluarga yang lain.

“Kalau di rumahnya memenuhi standar (resprentatif) ya kenapa tidak?, Karena kita kan ada visit puskemas (dokter) untuk memantau perkembangan pasien selama dua hari sekali,” ujar dia saat ditemui infobekasi.co.id seusai melaksanakan peresmian gedung baru RSUD Tipe D di Bekasi Utara, Rabu (03/02) pagi.

Karantina mandiri di rumah disoal oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pasalnya, hasil penelitian, karantina mandiri menjadi penyebab utama melonjaknya kasus Covid 19 dari klaster keluarga. Untuk itu, Kang Emil meminta kepala daerah di wilayahnya menghentikannya.

Sebagai pengganti, Kang Emil meminta kepala daerah memanfaatkan bangunan milik negara digunakan tempat isolasi. Hotel juga bisa dipakai karena biayanya ditanggung oleh BNPB.

“Beda lagi kalau rumahnya kumuh, sempit, ya wajar lah pak Gubernur Jawa Barat minta begitu, tapi kalau representatif ya gapapa melakukan isolasi mandiri, tapi kalau dia engga representatif bagi tempat ia melakukan isolasi mandiri, maka kita alihkan pasien itu dengan kita dibawa ke RSD Stadion Patriot untuk isolasi mandiri,” jelas Rahmat.

Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengonfirmasi penyebaran kasus Covid 19 di Kota Bekasi masih didominasi oleh klaster keluarga.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini