Kisah Korban Banjir di Gang Mawar: Rumahnya Tergenang Air 1 Meter

Infobekasi.co.id – Banjir menerjang beberapa titik wilayah di Kota Bekasi pada hari ini Senin (08/02), termasuk di wilayah Gang Mawar Jalan R.A. Kartini, RT 08 RW 03, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur.

Menurut pengamatan wartawan infobekasi.co.id ketinggian genangan air di sana mencapai 1 meter atau sepinggang orang dewasa. Menurut Sri, banjar di lingkungannya disebabkan meluapnya Kali Bekasi. Debitnya meningkat begitu kiriman dari Bogor melalui Kali Cikeas dan Cileungsi tiba.

“Air naik dari kali itu sekitar jam 9 pagi, air itu udah luber ke sini dan tingginya sepinggang orang dewasa lah,” jelas dia kepada infobekasi.co.id, Senin (8/2).

Sri menuturkan dari kejadian tersebut, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi juga sudah bersiaga di lokasi dengan menyiapkan satu buah perahu karet untuk melakukan tahap evakuasi kepada masyarakat.

“Di sini listrik mati,” kata dia.

PLN memadamkan listrik untuk mengantisipasi bahaya korsleting listrik, karena tingginya genangan air di sana.

Banjir luapan Kali Bekasi ini yang pertama di tahun 2021. Berdasarkan catatan KP2C, tinggi muka air Kali Bekasi di pertemuan Kali Cikeas dan Cileungsi puncaknya mencapai 660 sentimeter. Batas maksimal normal yaitu 350 sentimeter.

Selain di Gang Mawar, permukiman di bantaran Kali Bekasi lainnya juga terendam. Mulai dari Jatiasih sampai ke Babelan.

Kontributor: Denny Arya P

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini