Sembahyang Singkat Umat Tionghoa di Klenteng Hok Lay Kiong

Infobekasi.co.id – Dampak dari pandemi Covid 19, umat Tionghoa yang beribadah di Klenteng Hok Lay Kiong, di Jalan Kenari, Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur menurun hingga 60 persen. Sebagian besar, mereka beribadah di rumah untuk menghindari penularan virus corona.

“Umat yang melaksanakan prosesi ibadah, tentunya berkurang ya untuk animonya bagi umat yang datang kesini hampir sekitar 50 – 60 persen berkurangnya,” kata Kepala Seksi Pelaksana Klenteng Hok Lay Kiong Benny Anam, Jumat (12/02).

Selain jumlahnya menurun, kata dia, proses ibadah juga tidak seperti sebelum pandemi. Menurut dia, umat Tionghoa tidak berlama-lama di klenteng. Setelah ibadah selesai, mereka langsung pulang ke rumah masing-masing.

“Datang sembahyang sebentar terus pulang,” jelasnya.

Dia menuturkan, sedangkan bagi umat sendiri yang ada di Klenteng Hok Lay Kiong ini tidak hanya berasal dari wilayah Kota Bekasi untuk melakukan prosesi ibadah, dan banyak yang berasal dari wilayah lain.

“Kami disini umatnya tidak Bekasi saja untuk umatnya, karena ada juga yang berasal dari wilayah luar seperti ada yang dari Tanggerang, Karawang, Cikarang,” katanya.

Sementara, kata dia adapun untuk proses selama pelaksanaan kegiatan perayaan hari raya tahun baru Imlek, pihaknya menerapkan beberapa syarat kepada umat yang akan melakukan prosesi ibadah, dengan syarat bagi umat yang datang agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Bagi umat yang akan berkunjung, saya himbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) lalu sebelum masuk akan kita terapkan untuk cek suhu tubuh terlebih dahulu,” tutupnya.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini