Kisah Warga Tambun: Gelar Lapak Dagangan di Tengah Banjir

Infobekasi.co.id – Bagi Ny Yuliana, 50 dan Katerin, 25, anaknya, mencari rejeki itu harus tahu celah dan situasi. Meski rumahnya kebanjiran hingga 1,5meter dan tidak ada satu orang tetangganya tinggal karena mengungsi, dia harus tetap bertahan untuk mencari rejeki.

Setiap hari Ny Yuliana ini berdagang soto ayam dan selalu diserbu pembeli yang kebanyakan tetangganya. Namun karena rumahnya di Blok A Perumahan Graha Prima Lama, Desa Mangunjaya Tambun Selatan terendam air kiriman dari Sungai Jambe, praktis usaha sotonya berhenti. Penghuninya mengungsi.

“Sekarang saya harus bertahan dan membuka usaha ini di sini,” kata Ny Yuliana saat menyiapkan adonan untuk aneka gorengan, Minggu (21/02/2021). Uniknya dia membuka usahanya ditengah-tengah arus limpasan Sungai Jambe dan berada di bibir jembatan yang tidak terkena limpasan air.

Di belakang dia menggoreng bakwan, pisang, ubi dan tahu puluhan, anak-anak bermain di air arus deras. Mereka ada yang menggunakan ban dalam mobil, batang pisang, papan serta kasur berselancar mengikuti kuatnya arus air.

Suara tawa dan kegirangan sering terdengar manakala arus kuat membawanya hingga puluhan meter dari bibir jembatan. Di sudut lain puluhan warga sibuk mengabadikan kegiatan yang mirip wahana waterbom ini dengan gagjetnya.

Ny Yuliana dan anaknuya hanya berbekal meja kecil kecil untuk hasil olahannya dan dua dudukan kompor gas dua tungku dan satu tungku, dia menyiapkan dagangannya. Berdua ibu dan anak ini sibuk membuat adonan di alam terbuka, “Kalau hujan tutup plastik dan minggir,” katanya, sambil mengatakan kalau malam dia tidak tahu penerangan dari mana.

Sejak Minggu pagi, Ny Yuliana mengakui penghasilannya lumayan dan terus menambah bahan baku, “Lumayan, anak-anak yang habis banjir-banjiran laper lalu beli makanan,” katanya.

Itulah Ny Yuliana yang faham dan tahu celan mencari rejeki, musibah datang bukan hanya membawa kesusahan, tetapi membawa berkah tersendiri.

Reporter: Saban Jr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini