Disdik Kota Bekasi Mendukung Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib

Infobekasi.co.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi belum mengetahui secara detail terkait pelaksanaan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang akan menerapkan Pancasila sebagai mata pelajaran dan mata kuliah wajib.

“Mata pelajaran di kurikulum kan berada di kebijakan pusat,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, saat dihubungi infobekasi.co.id melalui sambungan selularnya, Selasa (01/05) Siang.

Ia mengatakan, apabila nantinya penerapan Pancasila sebagai mata pelajaran memang terlaksana di sekolah-sekolah dalam kurikulumnya, maka Disdik menjawab akan senantiasa mendukung hal itu sebagai penerapan yang akan dilakukan.

“Iya, kan mengikuti perkembangan, kalau kita mah melaksanakan kebijakan tersebut. Kita kan pelaksana dalam prosesnya, jadi kebijakan apa yang sudah dikeluarkan, kita akan melaksanakan kebijakan itu dan mendukung kebijakan yang sudah ditetapkan dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, pada hari Selasa (01/05), Kemendikbudristek menyatakan bahwa Pancasila akan jadi mata pelajaran dan mata kuliah wajib para pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Informasi ini awalnya muncul dalam revisi Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diajukan Kemendikbudristek pada April lalu.

Namun, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) menyarankan Pancasila dijadikan mata pelajaran wajib di sekolah. Masukan itu kemudian dipertimbangkan oleh Kemendikbudristek.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini