DPRD Kota Bekasi Terima Kunjungan Kerja Ombudsman RI

Infobekasi.co.id – Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Jakarta Raya melakukan kunjungan kerja ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi dalam rangka membahas tata kelola pelayanan publik.

“Kedatangan kami kali ini diantaranya sebagai bentuk pengalaman kami selaku pimpinan baru Ombudsman RI yang baru saja dikukuhkan pada tanggal 22 Februari 2021 kemarin, jadi sebagai pimpinan ombudsman baru kita turun ke daerah daerah sebagai bagian partisipasi publik,” ucap Anggota Ombusman RI Perwakilan Jakarta Raya, Hery Susanto, Rabu (01/09) di Gedung DPRD Kota Bekasi.

Hery mengatakan kunjungan kerja ini ke DPRD Kota Bekasi diantaranya sebagai bentuk melakukan koordinasi kerja sama sekaligus membangun jaringan kerja dalam konteks pencegahan maladministrasi agar tata kelola pelayan publik menjadi lebih baik.

“Kedatangan kami sebagai bentuk kolaborasi membangun koordinasi kerjasama dan jaringan kerja untuk praktek penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik, tidak di awasi saja masih banyak penyimpangan apalagi tidak diawasi,” jelasnya.

Ketua DPRD Kota Bekasi Choiruman Juwono Putro mengapresiasi kunjungan kerja yang dilakukan oleh Ombudsman RI perwakilan Jakarta Raya tersebut ke Gedung DPRD Kota Bekasi.

“Ini merupakan satu pengalaman baru, pertama kali sebetulnya dimana ombudsman RI datang hadir untuk melakukan kunjungan kerja, tentu satu pengalaman berarti, dimana ombudsman sebagai pengawas pelayanan publik mendorong untuk bersama-sama menjadi mengawasi khususnya bagi penyelenggaraan publik di pemerintahan, baik dalam terkait administrasi pendudukan, termasuk BUMD,” ungkapnya

Oleh sebab itu, kata dia dalam hal ini Ombudsman turut berperan sebagai pengawas pada jalannya segi pelayanan publik yang ada di Kota Bekasi agar dapat berjalan dengan baik.

“Apapun konteksnya ombudsman tentunya hadir untuk meningkatkan layanan khususnya pada pola goversment 4.0 sebagai salah satu respon dalam perkembangan industrial 4.0 yaitu bagaimana menerapkan kemajuan teknologi di dalam pelayanan publik kita, agar cepat lebih transparan akuntabel dan sebagainya, serta kedepan tentunya DPRD akan mengkritisi, memperkuat pengawasan dalam kata mempercepat penerapan goversment 4.0 di pelayanan publik kita,” pungkasnya. (adv/den)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini