124 Warga Negara Asing di Bekasi Dideportase

Infobekasi.co.id – Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi mencatat sebanyak 124 Warga Negara Asing (WNA) dideportase karena melanggar izin tinggal yaitu overstay sepanjang 2021 (Januari-Oktober).

“Sejauh ini untuk deportasi orang asing itu ada 124 WNA, dengan 124 orang itu tercatat dari Januari sampai Oktober 2021, dan kebanyakan dari mereka adalah bermasalah dengan overstay,” ucap Kepala Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bekasi Wahyu Hidayat kepada wartawan, Kamis (14/10).

Hidayat mengatakan pihaknya dalam hal ini
terus berkomitmen untuk menindak dari pelanggaran keimigrasian, termasuk memberikan sanksi tegas bagi para WNA yang melanggar aturan termasuk pemberian sanksi deportasi.

“Kita terus lakukan pengawasan di masa pandemi ini, tapi dengan prokes yang berlaku. Setiap hari ada 2 tim yang kita kirim untuk melakukan pengawasan. Untuk overstay di bawah 60 hari bisa bayar denda. Tapi kalau yang lebih dari 60 hari akan dideportasi,” ujarnya.

Ia melanjutkan kemudian di Bekasi sendiri baik Kota dan Kabupaten bagi WNA yang terdata sebanyak 6 ribu orang.

“Dengan dari 6 ribu orang WNA, Mayoritas warga negara asing itu merupakan pekerja di salah satu perusahaan di Bekasi,” ungkapnya.

Hidayat mengatakan adapun selama pandemi yang saat ini berlangsung, beberapa WNA juga tidak diperkenankan untuk keluar. Karena ada beberapa negara menutup diri dari negara lain Karna pandemi Covid-19.

“Saat ini kita juga mengeluarkan kebijakan yang dikenal dengan visa dalam negeri yang mana orang asing tidak perlu mengambil visa untuk keluar negeri. Cukup dari dalam negeri. Jadi apabila kebijakan ini pun tetap terabaikan, maka langkah terakhir kita lakukan penindakan,” tutupnya.

Kontributor : Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini