Adhika Dirgantara Dorong Kampanyekan Sumur Resapan

Infobekasi.co.id – Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS Adhika Dirgantara mengatakan, perlunya pembuatan sumur resapan di area yang beralih fungsi menjadi bangunan. Bahkan, pihaknya mendorong adanya sebuah peraturan.

“Tiap ada area resapan yang beralih fungsi menjadi beton, dimana resapannya hilang, itu harus dikonservasi, digantikan fungsi resapannya diganti dengan sumur resapannya,” kata Adhika kepada infobekasi.co.id, Selasa (9/11).

Dorongan sumur resapan, kata dia, muncul dalam beberapa kali melakukan reses di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan. Beberapa wilayah di sini menjadi langganan banjir ketika hujan dengan intensitas tinggi turun lebih dari dua jam.

Pasalnya, selain kondisi saluran air yang mulai dangkal hingga menyempit, area tangkapan air juga berkurang mengingat masifnya pembangunan. Karena itu, perlu adanya penggantian area resapan air dengan sumur resapan maupun bentuk lainnya dalam rangka pengendalian banjir.

Karena itu, menurut dia, sangat penting mengkampanyekan sumur resapan. Bisa juga, kampanye sumur resapan ini dikaitkan dengan kepengurusan izin mendirikan bangunan (IMB).

“Dalam pandangan DPRD, penting kampanye sumur resapan. Bahkan mungkin bisa dibuat perda, setiap penerbitan IMB itu harus disertakan kewajiban membuat sumur resapan yang jumlahnya berdasarkan luasan lahan yang beralih fungsi,” kata dia. (adv/fiz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini