70 Persen Biaya Operasional TransPatriot Disubsidi APBD

Infobekasi.co.id – Kepala Divisi TransPatriot Sindula mengatakan untuk biaya operasional Bus TransPatriot yang disubsidikan oleh Pemerintah Kota Bekasi dengan menggunakan APBD mencapai 70 persen.

“Subsidi yang kita dapatkan dari Pemkot Bekasi
itu menutupi kurang lebih, kalau saat ini sekitar 70 persen dari total biaya operasional kita,” ucap Sindula kepada infobekasi.co.id saat dikonfirmasi, Senin (15/11) Sore.

Ia menjelaskan meski bantuan biaya operasional masih terus disubsidi, perusahaan pelat merah dianggap kondisinya sudah cukup membaik. Sebab, ada kenaikan penumpang mencapai 15 persen.

“Bus Transpatriot masih berjalan dan lumayan animonya, Karna PPKM nya kini sudah dilonggarkan. Sehingga jumlah penumpang mulai naik capai 15 persen sekian,” ungkapnya.

Sindula menerangkan adapun kenaikan persentase sebesar 15 persen apabila dikalkulasikan dalam per harinya bagi penumpang yang menggunakan jasa Bus TransPatriot ini diantaranya capai ratusan orang.

“Dengan rata rataan penumpang yang menggunakan jasa Bus Transpatriot ini bagi perharinya mencapai 900 orang, Tetapi karna sekarang naik 15 persen bagi penumpangnya bertambah menjadi 200 orang per hari dan itu tercatat dari sembilan unit Bus yang beroperasi melalui Koridor 1 yakni dari Rute Harapan Indah – Terminal Bekasi,” tuturnya.

Dirinya juga menambahkan sedangkan untuk kapasitas penumpang dalam pengoperasian Bus, pihaknya dalam hal ini hanya menyediakan sebesar 50 persen saja, Dengan pembatasan itu dilakukan karna adanya PPKM yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

“Kalau untuk kapasitas penumpang masih mengikuti aturan PPKM yakni 50 persen saja, walau sebenarnya bagi kapasitas penumpang boleh sampai 75 persen, Tapi kendala yang dialami adalah memang penumpangnya saja yang masih belum ada kenaikan,” ulasnya.

Sebelumnya pada beberapa waktu lalu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, operasional TransPatriot di wilayahnya masih disubsidi oleh pemerintah, mengingat pendapatan tidak sebanding dengan pengeluaran.

Hal itu dikarenakan, subsidi diberikan supaya angkutan massal tersebut bisa beroperasi melayani masyarakat. Meski dalam hal ini Wali Kota Bekasi tidak menyebutkan detail nilai subsidi yang diambil dari APBD untuk operasi TransPatriot.

“Masih ada yang beroperasi, ada beberapa,” paparnya.

Kontributor : Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini