Belasan Rumah Warga dan MTs di Kabupaten Bekasi Direlokasi Dampak Perbaikan Tanggul Citarum

Infobekasi.co.id –  Tahapan perbaikan tanggul kritis Sungai Citarum di Desa Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi sudah dimulai. Namun untuk pengerjaanya, alat berat membutuhkan akses jalan untuk menuju titik lokasi tanggul yang akan diperbaiki.

Kepala Desa Sumberurip, Jajang Sujai mengatakan, ada 16 rumah warga dan bangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang bakal direlokasi untuk memudahkan alat berat menuju titik tanggul yang akan diperbaiki.

“16 rumah dan satu MTs (direlokasi). Untuk sementara alat berat belum bisa masuk. Karena urusan dengan warga belum diselesaikan. Khawatirnya warga enggak terima, soalnya kalau alat masuk pastinya nginjak tanah warga,” katanya, Kamis (23/12).

Dari hasil koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu, belum diputuskan apakah bangunan tersebut dibongkar atau tidak. Namun sudah diputuskan kalau belasan bangunan tersebut akan direlokasi.

“16 bangunan itu enggak di satu titik. Jadi kira-kira buat manuver alat berat aja. Untuk kelanjutannya tergantung Pemkab Bekasi, apakah bangunan itu akan dibongkar atau seperti apa,” ucapnya.

Warga yang bakal direlokasi itu sampai saat ini belum tahu kapan tempat tinggalnya akan direlokasi. Termasuk soal ganti rugi yang akan diterima warga terdampak perbaikan tanggul Sungai Citarum, di Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

“Bappeda, BBWSC, Tarkim, Dinas Pertanian dan Plt Bupati Bekasi (berkoordinasi) di rumah saya beberapa waktu lalu. Jadi intinya rumah itu akan dibebaskan. Cuma warga belum tahu sampai kapan atau berapa hari lagi dibereskan terkait ganti ruginya,” ungkap Jajang.

Begitu juga dengan nilai ganti rugi yang akan diterima warga. Kata Jajang, sampai saat ini warga belum tahu berapa besaran nilai ganti rugi meski tim appraisal sudah melakukan pendataan.

“Tim appraisal sudah mendata, tapi untuk harga belum diputuskan. Kita menunggu saja, kalau secara administrasi kami Pemdes Sumberurip sudah siap,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini