Penanggulangan Banjir di Kabupaten Bekasi Harus Menyeluruh

Infobekasi.co.id – DPRD Kabupaten Bekasi meminta pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane dan BBWS Citarum melakukan penanggulangan banjir secara komprehensif. Baik itu perbaikan tanggul maupun normalisasi sungai.

“Kita ingin penanggulangan banjir dilakukan secara komprehensif tidak secara parsial. Artinya dari hulu sampai hilir semua dilakukan perbaikan,” kata Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Saeful Islam, Kamis (23/12).

Untuk perbaikan tanggul Sungai Citarum, BBWS Citarum diminta agar melakukannya secara permanen. Karena di beberapa titik tanggul sudah ada yang rusak dan berpotensi jebol.

“Di wilayah dekat Sungai Cibeet juga harus ada waduknya. Karena kalau kita berkaca pada kejadian banjir kemarin, volume air dari sungai itu tidak bisa kita kontrol sehingga aliran air menuju Sungai Citarum meningkat signifikan. Kami sampaikan itu ke BBWS Citarum, dan mereka berjanji di 2022 bakal dilakukan kajian untuk membuat water front,” ungkap Saeful.

Keberadaan water front, lanjut Saeful, tidak hanya untuk mengatasi persoalan banjir. Tapi kata dia, juga bisa menyelesaikan persoalan kekeringan yang biasa terjadi di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

“Di Cibarusah dan Bojongmangu itu kalau hujan kebanjiran kalau kemarau kekeringan, jadi kalau ada waduk itu maka masyarakat sekitar bisa mengambil air dari situ. Ini bisa menjadi solusi atas dua permasalahan yang terjadi,” ucapnya.

Persoalan banjir yang kini menjadi masalah tahunan di Kabupaten Bekasi menjadi tanggungjawab bersama. Saeful meminta pihak swasta di Kabupaten Bekasi ikut terlibat mengatasi persoalan tersebut.

“Kita meminta pihak swasta untuk ikut berkontribusi, contohnya di Kawasan Jababeka kami meminta membuat water front juga untuk menampung debit air yang dilewati Sungai Cilemahabang. Kalau semua pihak bisa diajak bekerjasama saya yakini persoalan banjir di Kabupaten Bekasi segera teratasi,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini