Penanganan Tanggul Jebol Sungai Citarum Kabupaten Bekasi hanya Gunakan Terpal

Infobekasi.co.id – Penanganan tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kampung Tapak Serang RT05 RW03 Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi saat ini hanya menggunakan terpal. Padahal debit air sungai sempat terpantau meningkat.

“Air Sungai Citarum sempat meningkat. Kita bersama BPBD pasang terpal di titik tanggul yang jebol,” kata Camat Cabangbungin, Asep Buchori, Jumat (14/1).

Pemasangan terpal di tanggul yang jebol ini hanya bersifat kegawatdaruratan saja. Karena untuk perbaikan permanen, menjadi kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

“Ya harusnya dibangunan permanen tanggulnya yang kritis dan yang jebol,” katanya.

Baca juga : 6 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, selain memasang terpal, karung berisi tanah juga dipasang di sisi tanggul Sungai Citarum yang jebol. Tujuannya agar tanggul tersebut tidak jebol kembali karena tergerus air.

“Perbaikan tanggul yang longsor bersifat sementara. Dengan menempatkan karung berisi tanah tepat di area yang mengalami longsor,” katanya.

Henri berharap perbaikan tanggul secara permanen oleh BBWS Citarum bisa segera dilakukan. Karena saat ini intensitas hujan cukup tinggi sehingga dikhawatirkan Sungai Citarum meluap ke pemukiman.(kendra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here