Belum Jelas Perbaikan Permanen Tanggul Citarum Kabupaten Bekasi, Warga Khawatir

Infobekasi.co.id – Warga Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi masih khawatir jika tanggul Sungai Citarum jebol kembali dan mengakibatkan air sungai meluap. Karena sampai saat ini, belum ada kejelasan perbaikan permanen tanggul jebol Citarum di Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya Kabupaten Bekasi.

Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki meminta agar penanganan tanggul jebol Sungai Citarum di Kecamatan Cabangbungin dilakukan dengan maksimal. Ia sudah bersurat ke BBWS Citarum dan pihak terkait lainnya.

“Kami sudah berkoordinasi juga dengan pihak BBWS agar secara maksimal untuk pengerjaan titik tanggul Citarum yang ada di Kabupaten Bekasi,” ucap Marjuki usai meninjau kondisi tanggul jebol Sungai Citarum di Kecamatan Cabangbungin, Selasa (18/1).

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah meminta agar perbaikan tanggul jebol Sungai Citarum di Cabangbungin dilakukan secara permanen. Karena penanganan tersebut yang saat ini mendesak dan perlu dilakukan dalam waktu dekat.

Baca juga : Penanganan Tanggul Jebol Sungai Citarum Kabupaten Bekasi hanya Gunakan Terpal

“Apa yang menjadi kekhawatiran warga membuat kami prihatin. Fakta-fakta di lapangan memang sudah sangat mengkhawatirkan. Makanya kami menuntut adanya perbaikan tanggul yang jebol secara permanen,” ungkap Holik di lokasi tanggul jebol Sungai Citarum.

Di lokasi yang sama, Bidang Operasional BBWS Citarum, Saiful Salim mengatakan, tanggul Sungai Citarum yang jebol di Cabangbungin sudah dilakukan penanganan sementara dengan memasang bambu dan kronjo.

“Penanganan sementara tanggul kritis di Cabangbungin, kami sudah memasang bambu dan kronjo untuk penahan tanggul,” katanya.

Tanggul Sungai Citarum di Kampung Tapak Serang RT05 RW03, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi jebol sepanjang 300 meter pada Selasa (11/1) lalu sekira pukul 22.00 WIB. Longsoran tanggul menyebabkan tiga rumah rusak berat.

Muspika Kecamatan Cabangbungin memasang terpal di titik tanggul kritis dan jebol. Lokasi evakuasi warga juga sudah disiapkan jika sewaktu-waktu Sungai Citarum meluap ke permukiman warga.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini