Pemkot Bekasi Bersiap Hadapi Lonjakan Kasus Covid 19

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi mengumumkan bahwa pihaknya telah menyiapkan tempat tidur ruang isolasi pasien Covid-19 di setiap rumah sakit diwilayahnya guna mengantisipasi terjadinya lonjakan Kasus Covid-19.

“Ya sesuai dengan amanat, Kita sudah siapkan yang namanya kesiapan ketersediaan tempat tidur ruang isolasi pasien Covid-19 di setiap Rumah Sakit di Kota Bekasi atau Bed Occupancy Rate (BOR) untuk masyarakat yang nantinya akan melakukan isolasi ataupun pengobatan,” ujar Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pada saat ditemui infobekasi.co.id di Stasiun Bekasi selepas Pemerintah Kota Bekasi menggelar tes sampel acak Covid-19 kepada masyarakat.

Tri menjelaskan, adapun untuk proses perawatan terhadap Pasien yang terpapar Covid-19, Dirinya dalam hal ini juga turut menyarankan agar kepada Pasien Covid-19 yang diantaranya tidak memiliki riwayat gejala yang berat dapat melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sembari dilakukan pemantauan oleh Pihak Puskemas maupun RT RW.

Sedangkan, kata dia apabila ada pasien Covid-19 yang memiliki riwayat gejala berat, maka bisa segera langsung melakukan perawatan di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Milik Pemerintah ataupun Swasta.

“Kemudian apabila ada pasien Covid-19 yang memiliki Komorbid (Penyakit Bawaan) bisa segera dirawat di Fasilitas Kesehatan, dan bagi mereka (Pasien Covid-19) yang tidak ada gejala bisa melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, sedangkan guna mengantisipasi lonjakan ini, Kata dia, Pemkot Bekasi diantaranya memiliki sebanyak 47 Rumah Sakit yang sejatinya sudah disiapkan guna melakukan proses perawatan terhadap Pasien Covid-19.

“Dengan dari 47 Rumah Sakit tersebut, melalui kapasitasnya terdapat sebanyak 982 Tempat Tidur, Dan melalui rinciannya 42 Rumah Sakit Milik Swasta dan 5 Rumah Sakit Milik Pemerintah dan 1 RSD Stadion Patriot Chandrabaga,” ulasnya.

Sementara, apabila merujuk melalui Laporan Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi per tanggal 1 Februari 2022, Penyebaran Kasus Covid-19 di Kota melalui angka terkonfirmasi telah mencapai 92,523 Kasus (Angka ini tercatat sejak Maret 2019 silam).

Kemudian, sebanyak 5,381 merupakan Kasus Aktif (Dengan rincian 5,226 merupakan pasien yang tidak bergejala atau melakukan isolasi mandiri, sedangkan 155 lainnya memiliki gejala atau tengah dirawat di Rumah Sakit). Sedangkan untuk 86,002 merupakan angka kesembuhan dan 1,140 lainnya merupakan angka kematian.

Kontributor : Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini