4 Kecamatan di Kabupaten Bekasi Disurvei untuk TPST Sampah

Infobekasi.co.id – Empat lokasi di empat kecamatan disurvei Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk dijadikan tempat pemrosesan sementara terpadu (TPST) sampah.

“Jadi lokasi yang kami survei adalah tempat untuk pembangunan TPST, bukan TPA. Opsinya ada di Kecamatan Cibitung, Kedungwaringin, Tambun Selatan dan Cikarang Selatan,” kata Kabid Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid, Senin (7/2).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menambahkan, saat ini pemerintah daerah masih melakukan survei dan kajian untuk menentukan lokasi pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) atau TPST.

Pembangunan TPA maupun TPST tersebut didanai oleh Kementerian PUPR setelah Pemkab Bekasi menjadi satu dari delapan kabupaten/kota yang menandatangani nota kesepahaman, bersama lima lembaga maupun kementerian.

Baca juga : Angkut Sampah dari TPS Liar, Kabupaten Bekasi Turunkan 50 Personel Gabungan

“Kami pemda hanya menyediakan tanahnya saja. Nanti semua baik pembinaan maupun pembangunan infrastrukutur akan dibantu oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR,” kata Dedy,

Dedy berharap TPA atau TPST baru di Kabupaten Bekasi bisa menghentikan muncunya TPS liar. Termasuk menghentikan pembuangan sampah di bantaran Kali CBL.

Dedy juga menyatakan, Pemkab Bekasi bakal membentuk sebuah badan yang berfokus pada pengolahan sampah, bukan hanya semata-mata hanya membuang sampah tanpa tindaklanjut.

“Tentunya kami sebagai pemerintah daerah juga perlu membentuk kelembagaan mengenai masalah pengelolaan sampah di tempat pembuangan, baik itu TPA atau TPST,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini