PKS Rotasi Pimpinan di DPRD Kota Bekasi

Infobekasi.co.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahatera (PKS) Kota Bekasi melakukan rotasi pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bekasi. PKS adalah partai pemenang dalam Pemilu 2019 lalu di kota ini.

Ketua Umum DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara mengatakan, rotasi pimpinan di DPRD Kota Bekasi berdasarkan Surat Keputusan yang diterbitkan DPP PKS dengan nomor: SK No : 191/SKEP/DPP-PKS tanggal 10 Februari 2022.

Dalam surat itu disebutkan bahwa ada perubahan komposisi Fraksi PKS di DPRD Kota Bekasi, yakni perubahan penugasan personil atas Ketua DPRD Kota Bekasi, Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKP) dan Ketua Fraksi PKS.

“Surat keputusan tersebut telah disampaikan kepada pimpinan DPRD Kota Bekasi melalui DPD PKS Kota Bekasi,” kata Heri Koswara di DPD PKS, Kamis (3/3/2022).

Ia menyebut, surat dengan nomor: 168/K/AJ-24/1443, disampaikan ke pimpinan DPRD Kota Bekasi pada 23 Februari 2022 lalu dan telah ditindaklanjuti oleh DPRD Kota Bekasi dalam rapat Badan Musyarawah (Banmus) pada 1 Maret untuk diproses sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Perubahan komposisi atau penugasan atau rotasi personil dalam PKS adalah sudah menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari dan dipungkiri sebagai sebuah konsekuensinya bagi PKS yang bertekad untuk beranjak menjadi sebuah partai politik modern serta progresif,” kata Heri.

Menurut dia, prinsip perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) telah menjelma menjadi salah satu tagline PKS saat ini yang disederhanakan menjadi jargon “Ayo Lebih Baik”. Sehingga perubahan dan dinamisasi organisasi merupakan kelaziman dalam tubuh PKS, jika hal tersebut dibutuhkan untuk peningkatan capaian kinerja yang lebih baik lagi.

Pengganti Choiruman Juwono Putro

PKS sebagai pemenang pemilu di Kota Bekasi berhak atas kursi ketua dari seluruh pimpinan di DPRD Kota Bekasi. Karena itu, sebagai pengganti Choiruman Juwono Putro, ditunjuk kader lain yaitu Muhammad Saiful Daulah.

“SK-nya langsung ditanda tangani oleh Presiden PKS dan Sekjen PKS,” kata Heri.

Alasan Penggantian Personil Ketua DPRD

Heri menambahkan, bahwa penggantian posisi Ketua DPRD Kota Bekasi murni penyegaran dalam organisasi. Karena itu, ia menyebut tidak ada yang luar biasa dalam pergantian tersebut.

“Biasa saja, dari sudut aturan ini adalah hak partai untuk mengembankan siapa kader yang diberikan amanah untuk menempati pimpinan tadi,” kata dia.

Karena itu, menurut Heri tidak ada kaitannya dengan perkara yang ada di KPK dengan tersangka Wali Kota Bekasi Nonaktif Rahmat Effendi.

“Kita menghargai lembaga hukum itu biar diproses, dan Alhamdulillah Pak Choiruman sendiri sudah kooperatif, sudah dipanggil, sudah mengembalikan, proses-proses hukum itu yang kita hargai, biarkan jalan dengan norma dan aturan yang berlaku, kita tidak menghalangi,” kata dia.

Perubahan Pimpinan Tradisi di PKS

Ketua DPRD Kota Bekasi Choiruman Juwono Putro mengatakan, bahwa pergantian ketua merupakan sirkulasi biasa dan ini sudah menjadi tradisi.

“Ini menjadi tradisi. 2,5 tahun cukup untuk menjabat satu jabatan. Saya yakin teman-teman juga penasaran, kayak gak biasa, karena memang berbeda tradisi. Ini tradisi yang baru di PKS, semoga menjadi kegiatan yang baik, konsepnya adalah continous improvement,” kata Choiruman.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini