BPBD Kabupaten Bekasi Targetkan 12 Desa Jadi Destana Tahun Ini

Infobekasi.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menargetkan 12 desa di tahun ini menjadi Desa Tangguh Bencana atau Destana. Belasan desa ini nantinya akan mampu menghadapi bencana dan memulihkan dampaknya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, sebelumnya Destana sudah terbentuk di 21 desa. Sedangkan di tahun ini, jumlahnya akan bertambah menjadi 33 Destana.

“Pembentukan Destana target kita di tahun 2022 sebanyak 12, dan sudah terbentuk 21 Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Bekasi dan totalnya tahun ini akan terbentuk sebanyak 33,” katanya, Senin (21/3).

Henri mengatakan, Destana memiliki kemampuan untuk beradaptasi serta menghadapi bencana. Bahkan desa yang sudah terlatih ini juga mampu untuk memulihkan dampak bencana yang merugikan.

Baca juga : Satpol PP Kabupaten Bekasi Segel Perusahaan Pengelolaan Limbah

“Ketika ada bencana mempercepat respon time dari desa itu sendiri dalam menghadapinya,” ucapnya.

Salah satu desa yang sudah membentuk Destana di tahun ini ialah Desa Sukasari, Kecamatan Serangbaru. Saat ini, struktur anggota Destana di desa tersebut sedang mendapat pelatihan.

“Desa Tangguh Bencana mendapatkan pelatihan setelah struktur organisasinya terbentuk untuk menghadapi segala sesuatunya ketika terjadi bencana,” katanya.

BPBD Kabupaten Bekasi, lanjut Henri, saat ini masih fokus memberikan pelatihan kepada anggota Destana. Salah satu materi dalam pelatihan tersebut yakni memahami pengetahuan tentang kebencanaan.

“Kita masih fokus dalam pelatihan dan pembinaan kepada sejumlah keterwakilan masyarakat dari desa tersebut untuk memahami dan memiliki kemampuan pengetahuan terkait kebencanaan,” ungkapnya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini