PO Bus di Kabupaten Bekasi Banyak yang Belum Ramp Check

Infobekasi.co.id – Armada bus mudik Lebaran Idul Fitri 2022 di Kabupaten Bekasi diminta untuk segera melakukan uji kelaikan jalan sebelum beroperasional. Saat ini, masih sedikit perusahaan otobus yang sudah melakukan hal tersebut.

“Kalau Sinar Jaya mayoritas sudah ramp check semua. Untuk PO bus lainnya kami imbau agar mengecek kelaikan kendaraannya terlebih dahulu untuk keselamatan penumpang,” kata Kabid Angkutan pada Dishub Kabupaten Bekasi, Sugiarto, Senin (18/4).

Sementara untuk kegiatan ramp check atau inspeksi keselamatan akan dilakukan mulai besok, Selasa (19/4). Inspeksi kendaraan ini dilakukan di Terminal Cikarang oleh Dishub Jawa Barat.

Baca juga : Bi Mar Berasa Bermimpi Sahur Bareng Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Plt Kepala Dishub Kabupaten Bekasi, Sukri mengatakan, ramp check dilakukan oleh Jawa Barat karena Terminal Cikarang masuk katagori tipe B.

“Maka kewenangan melakukan pemeriksaan dan kelaikan armada merupakan kewajiban Dishub Jawa Barat. Kami sudah terima suratnya dan besok akan membantu mengirim personel,” ungkapnya.

Ramp check kendaraan yang akan dilakukan besok pagi ini meliputi pemeriksaan seluruh sistem keselamatan kendaraan. Di antaranya, kemudi, penerangan, badan kendaraan dan komponen pendukung, syarat pengemudi dan fasilitas tanggap darurat lainnya.

“Besok ada satu penguji dan satu penyidik. Mungkin nanti ada juga yang dari provinsi. Kami hanya bantu-bantu besok,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini