Genjot Vaksinasi Booster Selepas Libur Lebaran

Infobekasi.co.id – Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, pemerintah akan menggenjot vaksinasi booster setelah libur lebaran dengan menggandeng kander pos pelayanan terpadu (posyandu). Hal itu dilakukan sebagai upaya percepatan kekebalan tubuh komunal (Herd Immunity).

“Kalau vaksinasi booster tentunya kita optimalisasi, Makanya sejak jauh-jauh hari, kita sudah melakukan prepare untuk kita dorong terus warga masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi,” ujar Tri saat ditemui infobekasi.co.id beluma lama ini.

Ia menjelaskan, dikarenakan dari adanya optimalisasi vaksinasi yang perlu dilakukan, Dalam hal ini pihaknya berencana untuk mengedukasi warga masyarakat tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi dosis lengkap sebagai upaya pencegahan Kasus Covid-19, dengan melalui cara edukasi yang dilakukan yaitu menggandeng kader posyandu sebagai peran pembantunya.

“Yang kita lakukan adalah mengedukasi dan literasi kepada masyarakat dan kita juga gencar melakukan hal itu di semua pusat-pusat kegiatan. termasuk nantinya kita juga optimalisasikan gerakan posyandu,” ungkapnya

Tri berujar, apabila optimalisasi tersebut dapat berjalan dengan cukup baik, maka tidak menutup kemungkinan untuk percepatan vaksinasi booster di Kota Bekasi juga akan segera meningkat, terutama baik secara persentasenya.

“Jadi kalau misalnya ini sudah mulai turun (Vaksinasi Boosternya), Maka kader posyandu kita gerakan dan kita juga memiliki hampir dari 1.200 Posyandu yang ada di Kota Bekasi, yang dimana hampir di setiap RW itu minimal 1 Posyandu. Sehingga nantinya kader-kader posyandulah yang kemudian menjadi ujung tombaknya. Sebab kalau kemarin kan full Pemerintah dan Aparat yang giat untuk melakukan vaksinasi, Tetapi sekarang mungkin dari warga masyarakat juga yang nantinya turut bergerak,” jelasnya

Selain itu, kata dia apabila nantinya setiap para posyandu ditingkat RW sejatinya juga mempunyai kegiatan-kegiatan tertentu ditengah masyarakat. Maka, kedepannya kader-kader Posyandu itu juga dapat meminta kepada pihak puskemas dilingkungannya untuk disediakan dosis vaksin, berikut juga tenaga kesehatannya sebagai upaya percepatan vaksinasi booster, terutama apabila terdapat masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi booster, agar bisa segera melakukan vaksinasi lengkap.

“Saya rasa dengan adanya Posyandu yang tiap di RW ada 1, Itu menjadi salah satu langkah yang strategis, Sehingga dalam kegiatan-kegiatan posyandu. nantinya juga disiapkan vaksin dan juga tenaga medisnya agar percepatan vaksinasi booster kita semakin baik selepas perhelatan mudik lebaran,” tutupnya

Sementara berdasarkan, Laporan Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi (KPCPEN) per tanggal 03 Mei 2022.

Cakupan Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Kota Bekasi secara persentase berdasarkan NIK sudah berada di angka 35,65 persen (649.879 sasaran). Sedangkan Cakupan Vaksinasi Dosis Ketiga secara persentase berdasarkan fasilitas kesehatan berada diangka 35,36 persen (644.611 sasaran).

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Bekasi menargetkan untuk sasaran vaksinasi Covid-19 diwilayahnya diantaranya memiliki target sasaran sebanyak sebanyak 2.016.006 sasaran.

Selanjutnya, melalui perhitungan vaksinasinya, Pemkot Bekasi diantaranya melakukan dua perhitungan proses vaksinasi yakni menggunakan fasilitas kesehatan dan berdasarkan KTP atau NIK.

Yang dimana, capaian vaksinasi berdasarkan fasilitas kesehatan adalah Capaian Vaksinasi Covid-19 yang diantaranya telah dilakukan oleh Pemkot Bekasi kepada masyarakat baik masyarakat Kota Bekasi atau masyarakat lainnya.

Sedangkan, capaian vaksinasi berdasarkan KTP adalah Capaian yang dimana bagi warga masyarakat yang telah menjalani program vaksinasi, tetapi masuk sebagai warga Kota Bekasi dikarenakan tercantum berdasarkan NIK atau daerah asal.

Kontributor : Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini