1.300 Penghuni Lapas Cikarang Bekasi Jalani Pemeriksaan Tb

Infobekasi.co.id – Sebanyak 1.300 warga binaan Lapas Klas IIA Cikarang, Kabupaten Bekasi menjalani pemeriksaan penyakit tuberculosis atau Tb. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Kepala Lapas Klas IIA Cikarang, Veri Johannes mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini untuk menindaklanjuti arahan pusat terkait pelaksanaan skrining dan tes Tb bagi warga binaan.

“Jajaran kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, selanjutnya ditunjuk Puskesmas Kedungwaringin guna melaksanakan skrining dan tes TBb bagi para warga binaan,” katanya, Kamis (12/5).

Untuk skrining dan tes Tb dilaksanakan di halaman blok hunian dan dipantau langsung oleh petugas serta kepala lapas.

“Alhamdulillah kami sangat terbantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Kedungwaringin,” ucapnya.

Dia mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini ialah untuk mengetahui kondisi kesehatan warga binaan, serta sebagai upaya pencegahan.

“Menjadi langkah deteksi dini terhadap penyakit menular pada warga binaan, ini pun merupakan upaya preventif atau pencegahan guna mengetahui kondisi kesehatan dari narapidana dan tahanan,” katanya.

Jika hasil skrining diketahui ada warga binaan Lapas Klas IIA Cikarang Kabupaten Bekasi memiliki gangguan kesehatan, kata Veri, akan ditindaklanjuti dengan memisahkannya dari warga binaan lainnya.

“Dilakukan tindakan berupa pemisahan kamar hunian yang bertujuan untuk memutus penyebaran penyakit dan gangguan kesehatan, serta mempermudah pemantauan dan pemulihan kondisi kesehatan oleh petugas medis Lapas Cikarang,” ungkapnya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini