Pemkab Bekasi Siapkan 144 titik PJU di 15 Kecamatan

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi bakal memasang ratusan penerangan jalan umum atau PJU di 15 kecamatan pada tahun ini. Penerangan jalan ini bertujuan untuk mencegah aksi kriminalitas.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan, PJU akan dipasang di berbagai titik lokasi. Baik itu di jalan utama yang minim penerangan, maupun di jalan perkampungan.

“Kita sedang nyiapin 144 titik PJU, di antaranya Jalan Kali Malang. Pokoknya 15 kecamatan termasuk Pebayuran, untuk menghindari kriminalitas di Kabupaten Bekasi,” katanya, Selasa (21/6).

Baca juga : Diduga Takut Datang Terlambat, Pengendara Sepeda Motor Tewas Tabrak Tiang PJU

Dia mengatakan, PJU yang akan dipasang berbeda dengan penerangan jalan pada umumnya. Karena PJU ini nantinya dibuat agar lebih awet dan tidak mudah dicuri.

“Tidak hanya manual tetapi harus ada sistem yang terbaru, sama termasuk tenaga surya juga sama, itu kan nanti ada persoalan sel ya, entah itu alatnya di atas sulit untuk mengambilnya,” katanya.

Masih Yana, PJU yang akan dipasang dipastikan bakal hemat biaya listrik namun tetap terang. Sehingga tidak membebani APBD Kabupaten Bekasi.

“Beberapa waktu lalu kunjungan DPRD ke Brebes, di sana ada 12.000 titik PJU dan bayar listriknya Rp52 miliar. Kalau di Kabupaten Bekasi jumlah PJU-nya 23.000 tapi bayar listriknya Rp24 miliar. Makanya nanti ada inovasi untuk PJU yang akan dipasang,” ungkapnya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini