Murid SD di Kabupaten Bekasi Belajar di Lantai, Ini Tanggapan Kadisdik

Infobekasi.co.id – Sejumlah murid SDN Mekarsari 05, Desa Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi terpaksa belajar di lantai. Karena beberapa kelas di sekolah tersebut belum memiliki kursi dan meja.

Ketua Komite SDN Mekarsari 05, Nanang Kosim mengatakan, ada tiga kelas yang belum memiliki kursi dan meja. Yaitu kelas III, IV dan V. Kondisi ini terjadi sejak tahun ajaran baru dimulai tahun ini.

“Itu pun dari tiga kelas, enggak semuanya bisa duduk ada beberapa yang duduknya lesehan saja,” katanya, Kamis (28/7).

Dia mengatakan, gedung baru SDN Mekarsari 05 sebenarnya sudah selesai dibangun sejak sekitar delapan bulan lalu. Namun demikian, fasilitas lainnya seperti mebeler belum juga dilengkapi hingga saat ini.

“Saat gedung sudah jadi, masih Covid-19 waktu itu, jadi kan enggak belajar di sekolah, jadi belum ada kursi dan meja,” katanya.

Untuk menutupi kekurangan tersebut, pihak sekolah menggunakan meja dan kursi yang lama. Namun demikian mebeler tersebut tak mencukupi untuk semua murid.

Baca juga : Angka Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kabupaten Bekasi Naik Signifikan

Nanang berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi lebih peka terhadap nasib murid di SD tersebut. Terlebih lagi, pembelajaran tatap muka sejak pekan lalu sudah dimulai kembali.

“Memang sangat membutuhkan mebeler untuk murid-murid SDN Mekarsari 05 ini, secepat-cepatnya, karena mengingat KBM sudah berjalan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Carwinda, mengaku telah mengetahui informasi adanya puluhan siswa di SDN Mekarsari 05 yang duduk di lantai saat kegiatan belajar mengajar digelar di sekolah.

Dia mengatakan akan mengantisipasi persoalan tersebut dengan meminjam meja dan kursi cadangan dari SD lain agar murid SDN Mekarsari 05 bisa belajar dengan layak.

“Kemudian kami sudah antisipasi, akan kami dorong meja dan kursi dari SD lain yang tidak digunakan,” katanya.

Untuk solusi jangka panjang dari persoalan ini, lanjut Carwinda, pihaknya sudah mengajukan pengadaan mebeler untuk SDN Mekarsari 05 dan sekolah lain yang membutuhkan.

“Kami pengadaan kursi dan bangku baru bukan hanya untuk sekolah SDN Mekarsari 05 saja, ada juga yang lain, jadi saya tidak hapal berapa jumlahnya secara spesifik. Semua untuk sekolah yang baru dibangun,” katanya.(kendra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini